Upaya Penumbuhan Perilaku Budi Pekerti Siswa, SMP 1 Menui Gelar Penataran Penerimaan Siswa Baru

Upaya Penumbuhan Perilaku Budi Pekerti Siswa, SMP 1 Menui Gelar Penataran Penerimaan Siswa Baru

Rabu, 17 Juli 2019,

MOROWALI,SULAWESINEWS.COM – Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) tahun ajaran2019/2020 yang dilaksanakan sekali setahun di Kabupaten Morowali ProvinsiSulawesi Tengah berjalan dengan lancar.

Salah satunya kegiatan tersebut digelar di SMP Negeri 1Menui yang dibuka langsung Wakil Kepala SMP Negeri 1 Menui, Romi H.Paesal S.Pd,Senin (15/7/2019).

Mewakili Drs H Awiy Yusuf selaku kepala SMP Negeri 1Menui, Romi H Paesal menyampaikan arahannya di hadapan 88 calon peserta didikmaupun panitia pelaksana saat membuka penataran atau masa orientasi siswa disatuan pendidikan tingkat lanjutan tersebut, yang berlangsung di halaman SMPNegeri 1 Menui Kelurahan Ulunambo, Kecamatan Menui Kepulauan, KabupatenMorowali.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap awal tahun ajaranbaru, yang digelar selama 3 hari atau paling lama 5 hari. Jadi apa tujuannya,kita ketahui bersama bahwa calon peserta ini berasal dari beberapa sekolahdasar di wilayah ini, anda diperkenalkan di sini supaya saling mengenal,disatukan siswa dengan saling mengenal satu dengan lainnya,” sambutnya.

Hal penting yang diharapkan, kata dia, dengan kegiatantersebut nantinya siswa bisa memahami pembelajaran Penumbuhan Perilaku BudiPekerti melalui kegiatan orientasi tersebut.

“Dengan adanya beberapa pemberian materi, gerakanpenumbuhan budi pekerti bisa kita wujudkan. Pelajaran ini sebagai pengantarpembelajaran di sekolah, yang salah satunya dengan saling menyapa siapapun yangdiajak berteman di lingkungan sekolah, bukan hanya kepada sesama siswa,termasuk juga gurunya”, harapnya.

Di dalam kegiatan orientasi yang dilaksanakan hingga 5hari ke depan tersebut, materi yang disajikan sudah tertuang pembelajaranKurikulum (K13) untuk membentuk karakter siswa.

Adapun materi penataran yang diberikan oleh peserta didikbaru, meliputi; Wawasan Wiyata Mandala, Pengenalan Sekolah dan Cara Belajar, LaguDaerah atau Nasional, Ketahanan Sekolah, Tata Upacara Bendera dan Tata Krama. (Ikhwan)

TerPopuler