Wabup Sinjai Hadiri Halal Bihalal Majelis Agung Raja Sultan di Makassar, Ini Katanya

Wabup Sinjai Hadiri Halal Bihalal Majelis Agung Raja Sultan di Makassar, Ini Katanya

Minggu, 28 Juli 2019,

MAKASSAR, SULAWESINEWS.COM – Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, menghadiri halal bihalal yangdigelar oleh Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia dengan tema “Merajutkerukunan dengan keberagaman budaya untuk mengokohkan persatuan dalam bingkaiNKRI” yang bertempat di Baruga Pattingaloang, Makassar, Sabtu (27/7/2019).

Mengawalisambutan, Ketua Umum MARS Indonesia wilayah Sulsel, Andi Ansari Datu Mangkonamenyampaikan bahwa budaya bugis terkenal dengan perantaunya yang hebat.

“Apabilaseorang Bugis Makassar merantau hanya membawa 3 ujung, yaitu ujung lidah,dimana suku bugis dalam menyelesaikan masalah dengan jalan diplomasi, keduaujung buto, dimana penyelesaian masalah dengan perkawinan, dan terakhir ujungbadik, ketika dua ujunglainnya gagal maka cara terakhir adalah peperangan,” jelasnya.

SambutanDewan Agung MARS Indonesia, dalam hal ini di wakili oleh H.A. Maradang MackulauOpu To Bau menyampaikan terima kasih dan rasa bangga kepada MARS Indonesiawilayah Sulsel karena telah menggagas kegiatan ini.

Iamenyampaikan pula bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang terkenal denganbudayanya dan perlu kita angkat, kita tunjukkan jadi diri kita.

“Jikaseandainya bangsa kita menggali kembali nilai-nilai kearifan lokal yang ada diseluruh wilayah nusantara saya yakin bangsa kita akan menjadi lebih baik,”tegasnya.

Sementaraitu, Gubernur Sulsel dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas PariwisataProvinsi Sulsel,Ir. Denny Irawan Saardi, M.Si menyampaikan sangat mengapresiasiatas terlaksananya kegiatan ini.

“Sayapercaya kegiatan ini akan memberikan kita makna, makna yang mengikat kita semuadalam satu kesatuan yang utuh, momen hari ini bukan hanya sebagai ajangsilaturahim tetapi juga menjadi momen untuk bertukar pikiran, bertukarpengalaman diantara kita dari seluruh wilayah yang ada di indonesia,”urainya.

Untuk ituMARS indonesia menjadi sangat penting karena mendapat peran untuk membantupemerintah dalam kelancaran pembangunan dalam segala bidang.

Terpisah,Wabup Sinjai Andi Kartini Ottong menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan iniadalah mempererat hubungan tali silaturahim sekaligus menjaga kesatuan negaraRI, menjaga integritas bangsa dan pelestarian budaya.

“Inisangat penting, sehingga saya sangat mengapresiasi karena organisasinya se Indonesiadan hampir seluruh kabupaten di Sulsel telah terbentuk dan saya berharap diKabupaten Sinjai agar organisasinya bisa terbentuk,” harap Kartini.

Hadir padaacara tersebut, Datu Luwu Ke-XL H. Andi Maradang Mackulau Opu To Bau SebagaiDewan Agung Mars Indonesia, Perwakilan Raja Sultan dari negara-negara tetangga,Para Kepala Daerah di Sulsel dan beberapa tokoh dari berbagai kalangan. (Adv)

TerPopuler