Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Kolaka Utara Beberkan Kriteria Calon Ketua DPRD

Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Kolaka Utara Beberkan Kriteria Calon Ketua DPRD

Sabtu, 06 Juli 2019,

KOLUT,SULAWESINEWS.COM – Wakil Ketua IDewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Kolaka Utara (Kolut),Buhari Djumas, merupakan salahsatu kandidat terkuat untuk menduduki Ketua DPRD Kolut periode 2019-2025.

Olehnya itu, politisi muda tersebut mengungkapkanpaling tidak ada lima kriteria pendukung untuk manjadi Ketua DPRD Kolaka Utara.

“Berdasarkanhasil diskusi saya selama ini dengan teman-teman pengurus DPC, DPD, dan DPP.Setidaknya ada 5 kriteria utama yang harus dimiliki untuk menjadi calon ketua DPRD Kolut periode 2019-2025,” ujarnya. 

“Yangpertama, kekaderan.Kedua, jabatan dalamstruktural partai.Ketiga, pengalaman kerja sebagai anggota DPRD. Keempat, perolehan suara padapilcaleg 2019 lalu, dan terakhir adalah strata pendidikan,” tambah BuhariDjumas.

Melihatkriteria tersebut, peluang Buhari Jumas untuk menjabat sebagai ketua DPRD Kolut terbuka lebar. Mengingatdari 5 kriteriat tersebut semuanya melekat pada incumben anggota DPRD Kolut dua periode itu.

Ia pun menjelaskan dari sisi kekaderan, sejak tahun 2003 lalu Buhari sudah menjadi kader partai Demokrat denganjabatan ketua PAC Tamalanrea, Kota Makassar periode 2003-2008.

Bahkan sejak tahun 2008 sampai sekarang, dia menjabat sebagai wakil ketua I DPC Kolaka Utara.

“Dariaspek jabatan struktural,saya dari delapan kader yang meraih kursi DPRD pada pilcaleg 2019 merupakan kader denganposisi tertinggi dalam struktural. Sementara dari perspektif pengalaman kerja, Alhamdulillah saya satu-satunya kaderyang hampir 3 periodemenjabat sebagaianggota DPRD Kolut,” jelasnya.

Buhari pun berharap semoga kesepakatan bisa dipatuhi yang pernah dibuat sebelum pencalegan yang disaksikan oleh notaris, bahwa kader partaiDemokrat yangmeraih suara terbanyak dimungkinkan untuk menjadi pimpinan DPRD. (Andi Momang)

TerPopuler