Andi Seto Serahkan Ratusan SK Remisi Napi di Rutan Kelas II Sinjai, Ini Jumlahnya

Andi Seto Serahkan Ratusan SK Remisi Napi di Rutan Kelas II Sinjai, Ini Jumlahnya

Minggu, 18 Agustus 2019,

SINJAI,SULAWESINEWS.COM – Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH., MHmenyerahkan Remisi Umum Bagi Narapidana di Rumah Tahanan Negara (RUTAN) KelasIIB Sinjai dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-74 yang berlangsung di KantorRutan Kelas II B Sinjai, Sabtu (17/8/2019).

Kepala Rutan Kelas II B Sinjai Ince Muh. Rizal, SH. M,Sidalam laporannya menyampaikan bahwa proses pengusulan remisi Rutan Sinjai telahmelalui sistem database pemasyarakatan dimana semua pengusulan maupunpenerbitan surat keputusan secara online dan hal ini merupakan terobosan baruKementrian Hukum dan HAM RI.

“Tahun ini sebanyak 111 Orang warga binaan Rutan Sinjaiyang memenuhi syarat mendapatkan Remisi Umum Dan isi Rutan Sinjai pada hari inisebanyak 177 orang dimana 127 Narapidana dan 50 Orang Tahanan.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada narapidana yangmendapatkan remisi pada hari ini dan saya mengingatkan agar saudara dapatmenunjukan perilaku yang baik dan menjadi contoh bagi rekan-rekan lainnya,”ujar Muh. Rizal

Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa, SH. LLM saatmembacakan sambutan seragam Menteri Hukum dan HAM RI, menyampaikan bahwa padakesempatan ini saya menyampaikan bahwa kondisi Lapas/Rutan mendapat perhatianserius dari pemerintah. Kondisi Lapas/Rutan yang kelebihan penghuni diatas 100%saat ini menjadi sumber segala permasalahan bahkan terkadang menjadi alasan“Pembenaran” terhadap terjadinya penyimpangan-penyimpangan di Lapas/Rutanseperti adanya dugaan pengendalian dan peredaran narkoba, penyalahgunaan ponseldan pungutan liar.

“Langkah-langkah dan upaya pembenahan melalui programrevitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan harus dilakukan dan sangat sesuaidengan tema perayaan Ke-74 Hari Kemerdekaan RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.Revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan yang menjadi pilihan harus mampumenyentuh berbagai program pembinaan sehingga kemudian mereka mampu memberikankontribusi dalam peningkatan SDM yang mendukung dan memajukan perekonomian.

“Kondisi kelebihan isi penghuni tidak boleh dipandangsebagai kelemahan atau sumber segala permasalahan di Lapas/Rutan, tetapi harusdikelola dan dimanfaatkan menjadi kekuatan tersendiri, jadikan sebagai peluangdan tantangan untuk berkontribusi positif. Dengan memiliki Human dan Capitalyang besar, Lapas/Rutan harus mampu mentransformasikan potensi ini menjadikegiatan ekonomi kreatif dan dari sinilah paradigma berubah, lembagaPemasyarakatan harus diletakkan sebagai pranata sosial yang konstruktifdaripada sebagai lembaga pemidanaan yang destruktif.

“Saya berpesan kepada seluruh jajaran pemasyarakatan agarmenjadikan momentum Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 untuk lebihmeningkatkan kinerja, memorcepat pelayanan, mengubah pola kinerja yang dapatmengikuti perkembangan isu-isu terkait pemasyarakatan,” jelasnya.

“Kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan yang padahari ini mendapatkan remisi, khususnya yang bebas hari ini saya mengucapkanselamat dan mengingatkan agar tetap berupaya meningkatkan keimanan kepada TuhanYang Maha Esa sebagai landasan dalam menjalani kembali kehidupan ditengah-tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat. Jadilah insan yang taathukum, berakhlak dan berbudi luhur serta insan yang mempunyai makna dan bergunadalam hidup dan kehidupan.

“Nama-nama yang mendapat remisi pada hari ini yaituMuh.Yahya Binti Abdul Rauf yang dinyatakan bebas, Rahim Binti Minggu sebagaiperwakilan warga binaan pemasyarakatan dan Muh.Wahyu Binti Sollong sebagaipenerima remisi penambahan donor darah.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. AndiKartini Ottong, Kejari Sinjai Noer Adi, Kapolres Sinjai Sepbril Sesa, Dandim1424 Sinjai Oo Sahtojat, Ketua DPRD Abd. Haris, Para Asisten, Para Staf Ahli,Kepala OPD, Para Kabag, Kepala BUMN/BUMD dan seluruh tamu undangan. (Adv)

TerPopuler