Balitbangda Sinjai Tampilkan “Laki Keren Dari Desa” di Acara Pekan Inovasi Daerah

Balitbangda Sinjai Tampilkan “Laki Keren Dari Desa” di Acara Pekan Inovasi Daerah

Kamis, 01 Agustus 2019,

MAKASSAR,SULAWESINEWS.COM – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah(Balitbangda) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. M. Ikbal S Suhaeb, menyampaikanbahwa Pekan Inovasi Daerah tahun ini agar bisa menjadi media penyebarluasankemajuan daerah di berbagai potensi dan peluang investasi yang ada, khususnyadi Sulawesi Selatan, Kamis (1/8/2019).

Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) UniversitasHasanuddin (Unhas), dengan mengangkat tema “Inovasi Untuk Daya SaingDaerah” yang akan digelar selama tiga hari, mulai tanggal 1 sampai 3Agustus 2019.

Dalam kegiatan Inovasi Daerah ini, nampak berbagai produkstrategis yang dipamerkan dari setiap daerah masing-masing. Seperti hasilkreatifitas dan inovatif masing-masing, bukan hanya memamerkan berbagai macamproduk yang ada, tetapi ada pula lomba kreativitas yang dilaksanakan yangdiikuti puluhan peserta dari masing-masing daerah, mulai dari perguruan tinggi,dari sejumlah daerah di Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, M. Ikbal mengajak seluruh pihakmensukseskan Pekan Inovasi Daerah yang di adakan oleh Badan Penelitian danPengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Tentunya event ini salah satu tujuannya adalahmeningkatkan daya saing khususnya daerah-daerah yang ada di Sulawesi Selatan.Karena untuk meningkatkan daya saing itu dibutuhkan penyebaran informasisehingga dapat menarik investor luar agar mau menanamkan modalnya, sehinggaproses perekonomian masyarakat bisa berjalan lancar dan meningkat,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan DaerahSinjai, Asdar Amal Darmawan mengungkapkan, pada event ini, Sinjai menampilkansejumlah inovasi, yakni ‘LA SAPI’. inovasi ini menyulap alat kejahatan (cybercrime) menjadi instrumen kemakmuran peternak.

Untuk inovasi layanan publik ditampilkan ‘Laki Keren DariDesa’ atau Layanan Akta Kelahiran Penduduk dari desa ke desa dan ‘Pelangi Warga’atau pelayanan keliling sambangi warga serta aplikasi sistem informasimanajemen pelayanan administrasi perizinan online atau biasa di sebut ‘Simpelmi’.

“Kalau dari produk kuliner ada kita tampilkanseperti kopi jantan, kopi borong, Golsin atau golla Sinjai, gula semut, ikanbandeng presto dan beras merah,” katanya.

Lebih lanjut, Asdar menyebutkan, bahwa tidak hanyamenjadi peserta di acara PID ini, Sinjai juga ikut berpartisipasi dalam lombakarya ilmiah dan inovasi antar mahasiswa.

“Lomba ini diikuti 3 orang mahasiswa dari STIPMuhammadiyah Sinjai dan berhasil masuk 10 besar Insya Allah Sinjai optimis raihjuara,” papar Asdar. (Adv)

TerPopuler