Bapenda Sinjai Akan Launching Jumpa Dara Muda

Bapenda Sinjai Akan Launching Jumpa Dara Muda

Rabu, 21 Agustus 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Sinjai melaluiBadan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan Pelayanan Langsung Pajak Bumi danBangunan Perdesaan dan Perkotaan Tahun 2019 di Desa Saotengnga, Kecamatan SinjaiTengah, Rabu (21/8/2019).

KasubidPelayan Pajak Bumi dan Bangunan Bapenda Sinjai Fatma mengatakan bahwa kegiatanini dilaksanakan sejak tanggal 25 Juli 2019, dan sudah dilaksanakan di 3 (Tiga)Kecamatan,  diantaranya Kecamatan Bulupoddo,  Kecamatan Sinjak Barat, Kecamatan SinjaiBorong.

Sekarang diKecamatan Sinjai Tengah, Minggu depan Insya Allah di Kecamatan Sinjai Selatan,selanjutnya Kecamatan Sinjai Timur dan Kecamatan Tellulimpoe.

Inidilakukan disemua Desa dan sistemnya dipaketkan, jadi ditempatkan disatu lokasiDesa untuk melayani tiga Desa yang berdekatan. Desa yang penduduknya banyakkita layani dua Desa saja, kita berharap tahun depan mudah-mudahan kitalangsung layani di masing-masing Desa.

Fatma menyebutkanbahwa hari ini pihaknya melayani mutasi, balik namaPBB,  mutasi pemecahan objek, penebitanbaru, penggabungan dua objek, dan beberapa informasi yang masyarakat butuhkan,ada komplain dari masyarakat kita juga terima komplain.

“Hasilevaluasi kita di Bapenda Sinjai sejak PBB dikelola, salah satu penyebabtunggakan adalah data, ada perpindahan nama, ada perpindahan kepemilikan yangtidak berubah SPPTnya, kendalanya kolektor susah menagih siapa yg mau ditagih,karena kepemilikan sudah berubah, yang ada nama di SPPT mereka sudah tidak maubayar karena sudah jual, yang sudah membeli juga tidak mau membayar juga,karena tidak ada dasar penagihan kami, jadi kita terjun kelapangan untukmemperbaiki semua itu,” jelasnya.

Sementaraitu, Kepala BadanPendapatan Daerah Kabupaten Sinjai Asdar Amal Darmawan mengatakan bahwapelayanan langsung ini dilakukan tidak terlepas dari arahan Bapak Bupati SinjaiAndi Seto Gadhista Asapa yang menekankan kepada para Kepala Perangkat Daerahuntuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Sebagaibentuk tindak lanjut, kami dari Bapenda melakukan pelayanan langsung, denganmemberikan kemudahan kepada wajib pajak, terutama wajib pajak PBB, jadi tidakperlu lagi datang ke gerai pelayanan langsung yang ada di Bapenda,” katanya.

Lebihlanjut, Asdar mengatakan bahwa hari ini kita turun kebawah, dengan sistemregion untuk beberapa desa yang ditempatkan disatu desa dengan memintakerjasama pemerintah desa, sehingga one stop service disatu tempat, sehinggabukti cukup, permohonan sesuai syarat kita proses perubahan data, perbaikandata, pemecahan data, objek pajak yang bersangkutan itu inti dari pelaksanaanini.

“InsyaAllah kita akan melaunching bentuk inovasi layanan ini dengan jargon, BapendaJumpa Dara Muda (Bayar PBB Anda kami akan berkunjung melayani pemecahanpenggabungan dan mutasi objek pajak anda), jadi kami datang untuk melakukanpelayanan,” jelasnya.

TerPopuler