Bupati Sinjai Jadi Pembina Upacara di Peringatan Hari Pramuka ke-58

Bupati Sinjai Jadi Pembina Upacara di Peringatan Hari Pramuka ke-58

Kamis, 15 Agustus 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Peringati hari Pramuka ke- 58, GerakanPramuka Kwartir Cabang Sinjai menggelar apel besar yang sekaligus dirangkaikansebagai upacara pembukaan kegiatan Kemah Galang Tegak 2019.

Upacara inimerupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut peringatan HUTke-74 RI yang berlangsung di halaman eks Kantor Bupati Sinjai, Kamis(15/8/2019).

Peringatan HariPramuka yang mengambil tema “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka BersamaSeluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, diawali denganpembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, dan Dasa Dharmapramuka oleh penggalang pramuka Kwarcab Sinjai.

Bupati Sinjai, AndiSeto Gadhista Asapa, yang bertindak selaku pembina upacara dalam sambutannyamenyampaikan ucapan selamat hari Pramuka yang ke-58.

Seto berharapagar jiwa Pramuka senantiasa tetap semangat, selalu produktif, inovatif, dankreatif dalam berkarya.

Ia jugamenyatakan bahwa sejak awal Pramukan dirancang sebagai alat pendidikan generasimuda untuk menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI. Dasar itulahsehingga Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

“Tujuan dariPramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jamansekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan Pramukayang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku”

“Dengan begitu,maka akan diperoleh anggota Pramuka yang memiliki moral, mental dan budipekerti yang bijaksana. Selain itu juga menjadikan manusia yang memiliki jiwaPancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kitasemua yakin bahwa generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, hebat,kreatif dan berjiwa ksatria,” jelas Seto.

Bupati muda inijuga menginginkan agar para anggota Pramuka senantiasa menjaga dan menanamkannilai Pancasila, nilai Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka dalam pikiran, perkataan,dan perbuatan.

Dalam apel besarini juga dirangkaikan dengan penganugerahan tanda Penghargaan gerakan pramukaLencana Pancawarsa yang disematkan langsung Bupati Sinjai kepada para majelis pembimbing,andalan, pelatih pembina, pembina Pramuka, dan pamong saka dalam jajaranKwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan.

Apel peringatanhari pramuka juga dihadiri Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, SekretarisDaerah Kabupaten Sinjai, Drs. Akbar, M.Si, para pimpinan Forkopimda, parakepala OPD, dewan pembina pramuka dan para anggota pramuka Kwartir CabangSinjai selaku peserta upacara. (Adv)

TerPopuler