Kerjasama PWI, SMA Negeri 1 Soppeng Gelar Training Jurnalistik, Ini Tujuannya

Kerjasama PWI, SMA Negeri 1 Soppeng Gelar Training Jurnalistik, Ini Tujuannya

Sabtu, 10 Agustus 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM – SMA Negeri 1 Soppeng menggelar pelatihan Jurnalistik, Sabtu (10/8/2019).

Dalam pelatihan ini, SMA Negeri 1 Soppeng bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI ) Kabupaten Soppeng.

Training ini adalah program khusus Organisasi Siswa Intra Sekolah(OSIS) untuk mengembangkan minat dan bakat pelajar ke depan.

Melalui pelatihanjurnalistik ini,diharapkan agar parasiswa bisa menulisdan menyunting dengan baik demi kelancaran tugas maupun dalam rangka menulisnaskah untuk media online, atau pun media internal seperti majalah dinding (mading), buletin, membuat laporan atau press release.

Dalam pelatihan ini para siswa akan dibekali pengetahuan dasar jurnalistik, sehingga mampu membedakan cara penulisan berita,artikel, feature, laporan, maupun tulisan/naskah wawancara serta memahamiperbedaan karakter diantara berbagai jenis naskah jurnalistik sehingga mampumengemas naskah-naskah biasa menjadi naskah jurnalistik yang baik dan layakuntuk diterbitkan dan untuk dibaca.

Kepala UPTSMAN 1 Soppeng,Naharuddin S. Pd M. Pd, mengatakan mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu membuatkonten menarik yang bisa menyampaikan pesan-pesan organisasi kepada publiksecara efektif.

“Selainitu, peserta juga diberikan keterampilan mengelola redaksi website yangdinamis, sejalan dengan dinamika korporasi itu sendiri maupun dinamikamasyarakat,” ujar Naharuddin.

Sementara itu, ketua panitia Muh. Fadlu Ilahi Sultan, dalam laporannya menyampaikan bahwa tema kegiatan tersebut adalah “Jurnalis modal positif siswa yang kreatif, inovatif dan terampil dalammenulis”.

“Dengantujuan membekali pengetahuan dan skills di bidang jurnalistik serta dapat mendorong caraberpikir, kritis kreatif dan mandiri,”ujarnya. (Rosha)

TerPopuler