Kerjasama Tim Amal BKKS, OSIS SMAN 1 Soppeng Salurkan Bantuan

Kerjasama Tim Amal BKKS, OSIS SMAN 1 Soppeng Salurkan Bantuan

Rabu, 21 Agustus 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM – Salah satu bentuk implementasiPenguatan Pendidikan Karakter (PPK)  diSMAN 1 Soppeng  Pramuka, PMR danEktrakurikuler lainya yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan Tim Amal BKKS menyalurkan infak dansedekah berupa Sembako dan pakaian layak pakai kepada kaum dhuafa di KabupatenSoppeng.

“Sembako dari siswa dan yangmemberikan juga siswa, itulah wujud pembelajaran kepada siswa agar lebih pedulikepada sesama. Kegiatan ini sebagai agenda rutin dan juga sebagai langkah untukdapat menumbuhkan rasa peduli pada diri siswa sejak dini. Gerakan PenguatanPendidikan Karakter sebagai fondasi dan ruh utama pendidikan,” kata Mardiah,salah seorang guru yang mendampingi siswa, Rabu (21/8/2019).

Kegiatan ini sebagai agenda rutin dan juga sebagai langkahuntuk dapat menumbuhkan rasa peduli pada diri siswa sejak dini.

Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter sebagai fondasi dan ruhutama pendidikan.

Peduli terhadap sesama adalah hal manusiawi yang kini menjadisikap langka yang harusl di lestarikan. Di era modern seperti ini masyarakatcenderung hidup individual terutama masyarakat di kota-kota besar. Pendidikankarakter bagi peserta didik merupakan usaha yang harus dilakukan oleh personilsekolah agar memiliki sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab.

Firqa Zarrah Ardiyanita Kelas XII IIS. 4 PengurusEktrakurikuler pramuka bahwa Penyelenggaraan PPK dalam kegiatan ekstrakurikuleradalah penguatan nilai-nilai karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat,minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secaraoptimal. Kegiatan ekstrakurikuler meliputi kegiatan Peduli Sosial, krida, karyailmiah, latihan olah bakat/olah minat, dan kegiatan keagamaan.

Mardiah S. Pd salah seorang guru yang mendampingi siswamengaku berbangga. Penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) telahdiaplikasikan oleh siswa.

“Saya bangga dan bersyukur siswa kami berinisiatif memberikanbantuan kepada kaum dhuafa, tanpa disuruh, namun inisiatif mereka sendiri. Ituartinya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMA 1 Soppeng alhamdulillahsukses,” ujar Mardiah.

Di dalamnya tumbuh jiwa empati, religiusitas, nasionalisme, gotong-royong, mandiri, dan integritas. Saya berharap ini dipertahankan,sehingga menjadi generasi emas yang berkarakter dengan Slogan “Majubersama Hebat Semua, Rela berbagi Ikhlas Memberi”

Ketua Lembaga Kemanusiaan Tim Amal BKKS Umar Boi, STmenyambut baik program penguatan pendidikan Karakter ( PPK) yang dilaksanakanoleh SMAN 1 Soppeng dalam penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik, Pedulisosial merupakan bagian dari karakter sesuai Perpres Nomor 87 Tahun 2017tentang Penguatan Pendidikan Karakter (Perpres PPK).

Karakter peduli sosial bisa dikuatkan melalui praktik nyatauntuk membekali mereka menjadi manusia Pancasialis, peduli sosial danhumanis.dengan dukungan pelibatan publik yang dilakukan melalui pendidikanjalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budayaIndonesia.

PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuanpendidikan untuk memperkuat karakter pesertadidik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah ragadengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, Lembaga Kemanusiaan,keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental(GNRM). (Rosha)

TerPopuler