KPU Kolaka Utara Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, Ini Harapan Bupati

KPU Kolaka Utara Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, Ini Harapan Bupati

Rabu, 14 Agustus 2019,

KOLUT,SULAWESINEWS.COM – Komisi PemilihanUmum (KPU) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehansuara partai politik dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KolakaUtara, Selasa(13/8/2019) di Hotel Berlian, Lasusua.

Rapat pleno tersebut juga dihadiri Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar, Ketua DPRD Kolut Agusdin S.Kom, dan Kapolres Kolut AKBP Susilo Setiawan.

Nur Rahman Umar dalamsambutannya mengatakan, hal itu bagian dari babak akhirkontestasi calon legislatorperwakilan dari masyarakat untuk menyuarakan aspirasinya.

“Halini seperti yang diamanatkan dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019, tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih,” ujarnya.

“Paracalon anggota Dewanterpilih yang akan ditetapkan hari ini, tentunya adalah Putra -Putri terbaik Kolut yang dibuktikan dengan dukungan dari masyarakat yangmemilihnya untuk untuk mewakili aspirasi mereka,” tambah NurRahman.

Halini, kata NurRahman, hendaknya menjadi landasan untuk salingmenghargai dan saling memahami, bahwa inilah suara terbanyak yang menjadi keinginanmasyarakat Kolaka Utara, yang sejalan dengan Sila ke-empat dalam Pancasila.

Dijelaskannya, dalam Sepuluh tahun terakhir wilayah Kabupaten Kolaka Utara merupakan salah satu yang terbaik dalam penyelenggaraan Pemilu untuk Region Sulawesi Tenggara yang ditinjau dari sisi pelaksanaan,partisipasi masyarakat maupun potensi konflik yang dihadapi. 

“Halini membuktikan bahwa masyarakat Kolaka Utara sudahtermasuk dalam kategori masyarakat yang sadar Pemilu, dan memiliki toleransi yang tinggi. Hal ini juga membuktikan bahwa talisilaturahmi antar masyarakat terjalan dengan baik dan selalumengedepankan kepentingan orang banyak,” jelas Nur Rahman.

Selain itu, Nur Rahman juga mengharapkan kepada para calon anggota DewanPerwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang akan ditetapkan untuk bersama- sama mengembang amanah dari rakyat.

“Kamiharapkan menjadi mitra yang dapat bersinergi  guna membangun Kabupaten Kolaka Utara ke depan,” harapnya.

Nur Rahman juga berharap dengan telah memasuki akhir kontestan tersebut, mengakhiri pula segala perseteruan dan konflik antarsesama, “Yang seperti halnya pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti kita hanya akan mengibarkan satubendera yaitu BenderaMerah Putih,” tuturnya.

Berikut perolehan kursi masing-masing Partai Politik untuk anggota DPRD Kolaka Utara di Pemilu 2019:

Demokrat: 8 kursi.
PKB: 5 kursi
PDI Perjuangan: 3 kursi
Golkar: 1 kursi
Gerindra: 2 kursi
PPP: 3 kursi
PBB: 3 kursi

Penulis : Andi Momang

TerPopuler