Microsoft Dorong Dunia Pendidikan di Sinjai Berbasis Digital, Ini Kata Bupati

Microsoft Dorong Dunia Pendidikan di Sinjai Berbasis Digital, Ini Kata Bupati

Minggu, 25 Agustus 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Salah satu wujud kepedulianPemerintah Kabupaten Sinjai terhadap dunia pendidikan, maka atas inisiatifIkatan Guru Indonesia (IGI) Sinjai bekerjasama dengan Microsoft mendorong paraguru di Butta Panrita Kitta untuk menerapkan sistem pembelajaran abad 21.

Bentukdukungan itu dibuktikan diadakannya workshop office 365. Bukan tanpa alasanbagi Microsoft hadir diSinjai, tetapilewat pemanfaatan teknologi office 365 juga setidaknya membuka babakbaru bagi dunia pendidikan di Kabupaten Sinjai.

“Ini sebagaiwujud nyata bagaimana profesi guru di Indonesia khususnya di Sinjai untukmendukung visi misi pemerintah menjadikan sinjai sebagai pusat pelayanan berbasisdigital di Sulawesi Selatan

“Inisebuah terobosan dimana sistem pembelajaran yang berfokus pada pengembangankemampuan murid dalam hal komunikasi, kolaborasi, komputasi, serta pola pikirkritis dan kreatif, yang dapat dicapai dengan dukungan teknologi,” tutur ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI)Sinjai, Rustan Rahman, di sela-sela acara workshop microsoft 365 yang berlangsung di gedungpertemuan, Sabtu (24/8/2019).

MicrosoftOffice 365, lanjutRustan, satu di antara software yang sangat berguna untuk duniapendidikan. Banyak aplikasi-aplikasi yang dipelajari di kegiatan kali ini yangsemuanya itu sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Termasuk Onedrivemerupakan aplikasi yang disediakan oleh office 365.

“Target darikegiatan ini untuk memudahkan para guru di Sinjai dalam mengakses administrasiatau bahan pembelajaran secara online. Terlebih bagi guru yang berada di daerahpelosok agar lebih gampang melengkapi berkas administrasi yang membutuhkan jarakdan waktu yang lama,” jelasnya.

Kegiatan iniberlangsung selama dua hari dari (24-25 Agustus) yang diikuti ratusan guru mulai dari SD hingga sekolah lanjutanatas.

”Makanyakami dari IGI Sinjai, tentunya tetap berkomitmen untuk mengadakan pelatihan-pelatihansifatnya selalu produktif, artinya selalu ada output yang dihasilkan,” harapguru SMP Negeri 4 Sinjai itu di saksikan Robert Rosianto, Education ProgramManager PT Microsoft Indonesia.

Sementara itu, Plt Kadis Pendidikan Sinjai dr. Andi Suryanto Asapa mengatakan, bahwa kegiatan ini sejalan denganvisi dan misi Pemkab Sinjai dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Apalagimenurutnya,di era industri 4.0 para guru dituntut untuk terus meningkatkan sumber dayayang dimilikinya dan mampu menguasai teknologi.

“Kami diDinas pendidikan selalu mendorong teman-teman guru untuk menguasai teknologiyang ada. Hal ini penting karena akan memudahkan mereka dalam mendukungkinerjanya, ” kata Suryanto.

SementaraBupati Sinjai AndiSeto Gadhista Asapa melalui teleconference yang membuka kegiatan inimenyampaikan bahwa di zaman sekarang ini kita tidak bisa menghindari eradigitalisasi termasuk para guru yang memiliki peranan penting dalam memajukanpendidikan.

Olehnyaitu,  kata Seto, Pemkab sangat mengapresiasi IGI Sinjai dan Dinas Pendidikan yangmelaksanakan pelatihan office 365 ini untuk meningkatkan kompetensi guru.

“Saya harapmelalui pelatihan program borderless andpaperless berbasis online, nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Sinjaisehingga lebih memudahkan guru-guru atau sekolah mengefisienkan waktu dalammelakukan proses pembelajaran dan pelaporan administrasi sekolah, ” ucap Seto.

TerPopuler