Pemkab Kolut Serahkan Nota Kesepakatan KUA-PPAS 2020

Pemkab Kolut Serahkan Nota Kesepakatan KUA-PPAS 2020

Selasa, 06 Agustus 2019,

KOLUT,SULAWESINEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyerahkan rancangan nota kesepakatan antarapemerintan dengan DPRD tentang Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon AnggaranSementara (KUA-PPAS)APBD tahun 2020, diKantor DPRD Kolaka Utara, Senin (5/8/2019).

Rapattersebut dipimpin olehketua DPRD KolakaUtara Agusdin,dan dihadiri 17 anggotadari 25 anggota DPRD yang terbagi dalam enam fraksi partaipolitik dan kuorum pun terpenuhi, sehingga sidang dibuka dan terbuka untuk umum.

BupatiKolaka Utara Nur Rahman Umar, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan mata rantai dalampenyusunan APBD tahun 2020.

Di mana pada tahun 2020 merupakan tahunketiga dari priode kepemimpinannya dan ingin mewujudkan Kolaka Utara sebagai Kabupaten Madani di Sulawesi Tenggara, sebagaivisi pembangunan sebagaimana tertuang di dalam Perda Nomor 1 tahun 2018 tentangRPJMD Tahun 2017-2022.

Olehnya itu, Nur Rahman berharap pemanfaatan alokasi anggaran yang ada, agarprogram ekonomi kerakyatanyang selama ini digaungkan oleh pemerintah mampu mensejahtrakan masyarakat Kolutsecara keseluruhan.

Denganmenyentuh langsung sumber daya yang selama ini mengalami  penurunandrastis yaitu sektor perkebunan khususnya kakao.

“Revitalisasiyang dilakukan selama ini diharapkan dapat meningkatkan produksi yang tentunyaakan mengangkat derajat kesejahteraan masyarakat, serta dengan revitalisasi kakao diharapkan menjadi dayaungkit bagi sektor lainnya,” ujar Nur Rahman.

Namunkeberhasilan program tersebut, kata dia, sangat ditentukan oleh dukungan masyarakatKolaka Utara.

Selain itu, Nur Rahman juga menghimbau kepada seluruh pimpinan OPD dalam rangka percepatan pembahasan APBD tahun  2020 agar tidak meninggalkan daerah, kecuali atas perintah langsungBupati.

Sekedar diketahui, rencana belanja dan pembiayaan daerah Kolaka Utara untuk tahun anggaran 2020, senilai Rp 990.712.203.851. (Andi Momang)

TerPopuler