Satpol PP Bone Tangkap Ternak Sapi yang Berkeliaran, Pemilik Terancam Pidana

Satpol PP Bone Tangkap Ternak Sapi yang Berkeliaran, Pemilik Terancam Pidana

Rabu, 07 Agustus 2019,

BONE,SULAWESINEWS.COM – Upayapenegakan PeraturanDaerah (Perda) Kabupaten BoneNomor 1 Tahun 2016 tentang penertiban hewan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone kembali melakukan penertiban hewan ternak yang dilepasliarkan,Rabu (7/8/2019).

Hal itu dilakukan karena selain membahayakan pengguna jalan, juga kerap merusak tanaman di pekarangan atau ladangmilik warga.

Dalam penertiban tersebut, sejumlah ternak sapi berkeliaran ditemukan di Jalan BhayangkaraWatampone, dan satu ekor berhasil ditangkap.

Kepala SatuanPolisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Bone, HA Sumardi Suaib, melalui Kabid Ketertiban Umum Andi Baharuddin, menyebutkan bahwa penangkapan ternak sapi yang berkeliaran di jalan umumhampir setiap hari dilakukan pihaknya.

“Kitaberharap dengan penertiban ini memberikan pemahaman kepada masyarakat. Karena Perda harus ditegakkan dan dipatuhioleh masyarakat, dan juga supaya masyarakat belajar tertib tidak melepasliarkanternak miliknya,” jelas Andi Bahar.

“Setiapsapi maupun ternak lain yang berhasil ditangkap, diangkut dan dibawa ke tempat penampungan yang berada di Kelurahan Tibojong,” sambungnya.

Andi Bahar menyebutkan, bagi pemilik yang ternaknya ditangkapdan ingin mengambilnyakembali, maka harus datang ke Kantor Satpol PP Bone untuk membuat pernyataan bahwa tidak lagi melepaskan ternaknya di jalan umum.

Sesuai Perda Kabupaten Bone Nomor 1 Tahun 2016 tentangpenertiban hewan, pemilik akan terancam sanksi pidana 3 bulan penjara ataudenda sebesar Rp 5 Juta. (Yusdi Muliady)

TerPopuler