Tekan Laka Lantas, Ini yang Dilakukan Dishub Sinjai

Tekan Laka Lantas, Ini yang Dilakukan Dishub Sinjai

Rabu, 07 Agustus 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) KabupatenSinjai memasang pita penggaduh (rumble strip) di beberapa ruas jalan utama.

Rumble Stripini dipasang salah satu tujuannya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Ada sekitarempat titik yang pengerjaannya sudah rampung masing-masing di persimpanganJalan Abd Latif,  Sinjai Timur, JalanAmmanagappa, Halim Perdana Kusuma dan persimpangan Jalan A Yani.

“Saatini ada empat titik yang dipasang dan semuanya sudah rampung, tinggal kitaevaluasi sejauh manatingkat keberhasilannya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sinjai, A. IrwanSyahrani saat ditemui di kantornya, Selasa (6/8/2019).

Masyarakat, kata dia, khususnya pengemudi baikroda dua maupun roda empat akan tersadar jika melalui pita penggaduh ini karenakendaraan akan bergetar, dan biasanya otomatis akan mengurangi kecepatan danmengembalikan konsentrasi saat mengemudi.

“Keempattitik itu nantinya akan dievaluasi kembali dengan melihat angka kecelakaan pascapemasangan rumble strip,” jelasnya.

Selain itu, diamenjelaskan, pemenuhankebutuhan rambu jalan juga tengah diupayakan khususnya jalan luar kota yangrawan kecelakaan. 

“Masihbanyak titik jalan kabupaten yang membutuhkan pita penggaduh. Yang jelas kitaakan penuhi itu, tentunya secara bertahap,” kata Irwan.

Sementara itu, Camat Sinjai Timur, A. Amir, menyebutkan jika keberadaan rumble strip itusudah tepat.

Namunmenurutnya, sedianyapemerintah harus mengkaji kembali untuk kemudian memikirkan kemungkinan adacara lain untuk menekan kerawanan lalu lintas di wilayahnya.

“Perlumungkin dibangun tugu atau diadakan traffic light supaya ada tanda yang lebihpermanen,” pinta Amir seraya menambahkan ini demi kenyamanan masyarakat.

TerPopuler