Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Lakukan Penilaian di Kolaka Utara, Ini Lokasi yang Dinilai

Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Lakukan Penilaian di Kolaka Utara, Ini Lokasi yang Dinilai

Sabtu, 24 Agustus 2019,

KOLAKA UTARA,SULAWESINEWS.COM – Tim verifikasi lapangan Kabupaten Sehat tingkatnasional melakukan penilaian di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), SulawesiTenggara.

Tim yang dipimpin oleh Aris Munandar bersama rombongan melakukan penilaian danverifikasi, Kamis(22/8/2019) lalu.

Hal itu dilakukan setelah Kabupaten Kolaka Utara dinyatakan lolos dalamverifikasi dokumentim penilai Kabupaten Sehat.

Kegiatanpenilaiandan verifikasi lapangan dengan menilai empat tatanan, dan sejumlah lokasi dilakukan penilaian di 12 Kecamatan di Bumi Patampanua.

Diketahui, sebelumnyaKolaka Utara pernah meraih penghargaankabupaten sehat kategori Swasti Saba Padapa dengan dua tatanan pada tahun 2015 silam. Kendati demikian, Kolaka Utarajuga pernah gagal ditahun 2017.

Namunkini, kegagalan tersebutmembuat Kolaka Utara optimis untuk kembali  meraih kabupaten sehat kategori Swasti Saba Wiwerda denganempat tatanan. 

“Yaitu, TatananMasyarakat Sehat dan Mandiri, Tatanan KawasanPemukiman Sarana dan Prasarana Umum, TatananKetahanan Pangan dan Gizidan Tatanan Pariwisata Sehat,” ungkap KepalaBappeda Kolaka Utara, Ihwan.

 “Tahap verifikasi tahun 2017 kami tidak lolos, dan tahun 2019 ini kita lolosverifikasi, dankita memilih 12 kecamatan. Tiga diantaranya kecamatan terjauh,” sambung Ihwan.

Selain itu, Ihwan menjelaskan untuk mempersiapkan Kabupaten Sehat, harus saling bahu-membahu baik dari forum KabupatenSehat, timpembina kabupaten sehat dan OPD terkait agar dapat mewujudkan Kolaka Utara sebagai Kabupaten Sehat.

“BulanMaret dokumen mulai diusulkan, kita lolos. Dan kita berharap nama Kolaka Utara ada dalam deretan penerima penghargaan Kabupaten sehat,” harapnya.

Sementaraitu, ketua tim verifikasi lapangan kabupaten sehat tingkatnasional, Aris Munandar, menyebutkan bahwa bulan Juli lalu dokumen kabupaten sehat Kolaka Utara dibedah, dan dinyatakan lolos bedah dokumen.

“Dankita melakukan verifikasi lapangan. Tujuannya, untuk menyesuaikan dan melihatkonsistensi dokumen yang dikirim atau tidak,” kata ArisMunandar.

“Ada tiga harapan yang kami ingin lihat. Apakah sesuai dengan dokumen, tidak sesuai dokumen atau adaklarifikasi tambahan atau tambahan dokumen yang dianggap urgen yang bisa kami bawa,” jelasnya.

Sementara itu, selama dua hari tim verifikasi lapangan kabupaten sehat yang didampingi tim dari provinsi juga ikut serta melihat danmenilai beberapa lokasi penilaian yakni, Sekretariat Kabupaten Sehat, Sekretariat ForumKabupaten Sehat, Hutan Kota, Kantor Satpol PP, Pasar Lacaria, Pemukiman Nelayan Pitulua, MIN Lasusua, Puskesamas Lasusua dan beberapa lokasi lainnya. (Andi Momang)

TerPopuler