Tingkatkan Pelayanan Publik, Kabid SDA PUPR Janjikan Reward Kepada Petugas PPA dan PPB

Tingkatkan Pelayanan Publik, Kabid SDA PUPR Janjikan Reward Kepada Petugas PPA dan PPB

Jumat, 09 Agustus 2019,

SINJAI,SULAWESINEWS.COM – Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPRSinjai, A.Sarifuddin, ST MT, menggelar pertemuan di dua wilayah, yang bertempatdi kantor ranting sumber daya air wilayah Barat dan Wilayah Selatan, Rabu dan Kamis7-8 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut, memberikan pengarahan terkait tugasdan tanggungjawab petugas Penjaga Pintu Air (PPA) dan petugas Penjaga PintuBendungan (PPB) sekaligus mendengarkan permasalahan-permasalahan yang selamaini di hadapi dalam menjalankan tugasnya.

Kepala Bidang SDA PUPR A. Sarifuddin mengatakan bahwasebagai ujung tombak pengelolaan sumber daya air di Kabupaten Sinjai petugasPenjaga Pintu Air (PPA) dan petugas Penjaga Pintu Bendung (PPB) memilikiperan penting dalam pelayanan publik utamanya pada sektor pertanian, dimana tugasutamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mengatur pembagian airdan selain itu menjaga kebersihan saluran irigasi disekitar pintu pintu air.

“Petugas PPA dan PPB ini yang dikontrak pemerintahdaerah setiap tahunnya dengan jumlah 60 orang ini menjaga pintu-pintu airsebanyak 160 daerah irigasi yg tersebar di seluruh kecamatan kecuali SinjaiUtara dan kecamatan Pulau Sembilan serta diluar kewenangan Kabupaten yaitudaerah irigasi Kalamisu, aparang satu dan aparang hulu yg nota bene kewenanganProvinsi. dengan jumlah daerah irigasi tersebut untuk memudahkan koordinasimaka dibentuk 2 ranting yaitu ranting barat dan ranting selatan,” jelasnya.

Bahwa dalam menjalankan tugas terkadang tidak mengenalwaktu disetiap saat siang dan malam hari karena di musim saat debit air sungaiberkurang (kemarau) para pahlawan air ini berupaya mengatur dan membagi airmasuk ke dalam petak petak sawah irigasi secara adil agar semua padidisawah  tidak gagal panen, terkadang pula tidak sedikit mendapatkan ancamandari para petani bila tidak mendapatkan air utamanya di bagian hilir saluranirigasi.

Begitupula pada saat curah hujan tinggi mereka pun harussiap siaga membuka serta menutup pintu air di bendung agar kondisi saluran airagar tetap terjaga dan tidak merusak bangunan irigasi baik disiang hari maupundimalam hingga dini hari dan tdk sedikit diantara mereka meminta senter,parang, sepatu boat dan baju anti hujan (jas hujan) ada pula yg meminta mesinsainshow untuk memotong pohon atau ranting batang yang jatuh menimpa bangunandan saluran irigasi.

“Jumlah honor yg diberikan sebesar Rp. 350.000setiap bulannya kepada PPA dan PPB selaku Kepala Bidang SDA berjanji memenuhikebutuhan perlengkapan para petugasnya dalam menjalankan tugasnya dilapanganserta mendorong agar tetap bekerja dengan sebaik-baiknya dalam memberikanpelayanan kepada masyarakat, karena sebagai motor penggerak pembangunan danpelayanan publik dalam sektor pertanian harus dan wajib memberikan pelayananterbaik dan turut mensukseskan pangan nasional khususnya diwilayah KabupatenSinjai, serta mewujudkan visi misi Bupati dalam pelayanan publik,” ucapnya.

Setelah mendengarkan semua harapan para pelayanmasyarakat ini, Kabid SDA PUPR Sinjai ini berjanji akan memberikan rewardkepada para petugas terbaik di masing-masing ranting sebagai motivasi kerjadalam menjalankan tugasnya, bila perlu kami akan memohon kepada Bapak Bupatiuntuk diberikan berupa piagam penghargaan bagi petugas terbaik di akhir tahunpada masa baktinya.

TerPopuler