Upaya Tingkatkan PAD, Pemkab Sinjai Serahkan Alat Perekam Transaksi Kepada Pengusaha Rumah Makan

Upaya Tingkatkan PAD, Pemkab Sinjai Serahkan Alat Perekam Transaksi Kepada Pengusaha Rumah Makan

Selasa, 20 Agustus 2019,

“Perangkat ini dipantau langsung oleh KPK,” kata Seto.

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, menghadiri penyerahan perangkat Mobile Payment Online Sistem (MPOS) secara simbolis kepada pengusaha rumah makan, warung dan restoran.

Kepala Dinas Bapenda, Asdar Amal Darmawan dalamlaporannya menyampaikan bahwa 21 pengusaha rumah makan/warung yang ada dikecamatan Sinjai Utara dan satu dari Sinjai Selatan yang telah dan akandipasangkan perangkat MPOS pada tempat usaha mereka.

“Hal ini tidak lain merupakan upaya untuk semakinmeningkatkan system pengelolaan keuangan daerah dan lebih khusus pendapatanasli daerah (PAD). Dengan penggunaan MPOS ini setiap transaksi pada rumah makanakan terekam dan terkoneksi langsung secara real time dengan Bapenda dan BankSulSelbar,” jelas Asdar

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapamenyampaikan, bahwa perangkat MPOS ini merupakan perangkat mobile yang menjadialat perekam transaksi makan dan minum pada restoran/warung yang terkoneksi secaralangsung dengan pemerintah kabupaten sinjai, dalam hal ini Bapenda, BankSulselbar serta terkoneksi pula dengan KPK melalui Link aplikasi internet.

“Saya berharap pemanfaatan system online ini bukandianggap sebagai hal yang berat atau menyusahkan atau bahkan membawa kerugianbagi saudara sekalian para pengusaha rumah makan, namun pemanfaatan perangkatteknologi informasi ini harus kita maknai sebagai upaya untuk semakinmeningkatkan system pengelolaan keuangan daerah khususnya pendapatan daerah yangsemakin baik, semakin transparan dan semakin akuntabel,” jelas Seto.

Selain itu, Seto juga menyampaikan kepada seluruh pemilihrumah makan/restoran untuk tetap online karena perangkat ini dipantau langsungoleh KPK. Sehingga Sinjai bisa menjadi percontohan untuk kabupaten lain yangada di Sulawesi Selatan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Sulselbaryang telah memfasilitasi penyediaan perangkat MPOS ini, yang sekarang sudah 21dan saya berharap akan tetap menfasilitasi penambahan perangkat MPOS untukmemenuhi kebutuhan dan pemanfaatannya di tempat usaha masyarakat kita,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut hadir Wakil Bupati Sinjai, Ketua danWakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, para Asisten, para Kepala OPD, para Kabag,pimpinan Bank SulselBar Kabupaten Sinjai, dan para pemilik warung makan. (Adv)

TerPopuler