Usai Serahkan MPOS, Bupati Sinjai Kirim Surat Edaran

Usai Serahkan MPOS, Bupati Sinjai Kirim Surat Edaran

Rabu, 21 Agustus 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Setelah menyerahkan Perangkat MobilePayment Online Sistem (MPOS) Secara Simbolis Kepada Pengusaha RumahMakan/Warung/Restoran. Kini Bupati Sinjai kirim Surat Edaran Nomor :937/28.1634/Set.

Surat edarantersebut ditujukan kepada para Kepala Perangkat Daerah, para Kepala InstansiVertikal, para pimpinan BUMN/BUMD, para Camat, para Kepala Desa dan Lurah,serta Organisasi Kemasyarakatan Se-Kabupaten Sinjai.

Diberitakansebelumnya, Kepala Dinas  Bapenda, AsdarAmal Darmawan menyampaikan bahwa 21 pengusaha rumah makan/warung yang ada dikecamatan sinjai utara dan satu dari sinjai selatan yang telah dan akandipasangkan perangkat MPOS pada tempat usaha mereka.

“Hal ini tidak lain merupakan upaya untuk semakin meningkatkan system pengelolaan keuangan daerah dan lebih khusus pendapatan asli daerah. Dengan penggunaan MPOS ini setiap transaksi pada rumah makan akan terekam dan terkoneksi langsung secara real time dengan Bapenda dan Bank SulSelbar,” jelas Asdar.

Berikutbeberapa poin bunyi surat edaran tersebut :

1.Diharapkan setiap Pegawai/Karyawan yang makan di Rumah Makan/Warung/Restoran diWilayah Sinjai agar meminta struk atau kwitansi taransaksi di tempat saudara(i)makan, jika tidak mendapatkan struk atau kwitansi transaksi maka tidak adajaminan amannya pajak saudara(i) bayar hingga dapat mengendap di pemungutpajak.

2. Meyakinikesesuaian antara transaksi dengan jumlah nominal yang tercantum pada strukyang saudara(i) terima.

Saatdikonfirmasi terkait surat edaran tersebut, Kepala Dinas  Bapenda melalui Kasubag Humas SetdakabSinjai, Usman menyampaikan bahwa ini baru tahap sosialisasi, sehingga perlumembangun kesadaran kepada orang yang sudah makan, selaku wajib pajak agaraktif meminta struk (berupa bukti pembayaran) dari pemilik rumah makanmemastikan penggunaan alat pada saat yang sama memastikan penerimaan PAD masukke kas daerah,” Jelasnya Rabu (21/8/2019).

Lebihlanjut, Usman mengatakan bahwa di Bapenda sudah dibentuk tim pengawasmemastikan perangkat MPOS itu bekerja dan betul-betul on, dan ada evaluasi yangakan dilakukan kedepan.

“Timpengawasan setiap hari turun mengecek fungsi perangkat MPOS itu digunakan,selain itu Bapenda menghimbau wajib pajak harus minta bukti pembayaran denganhastag #ayomintastrukwarung,” terang Usman menyampaikan penyampaian Kadis Bapenda.

TerPopuler