Wabup Sinjai Hadiri Kegiatan Ilmiah Hakteknas di Bali

Wabup Sinjai Hadiri Kegiatan Ilmiah Hakteknas di Bali

Senin, 26 Agustus 2019,

SINJAI,SULAWESINEWS.COM – Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, menghadiri pembukaan kegiatan ilmiah peringatan Hari Kebangkitan TeknologiNasional (Hakteknas)ke-24 tahun 2019 yang bertempat di hotel Gran Inna Bali Beach, Senin (26/08/2019)

Dirjen penguatan inovasi Kemendisterikti, Dr Ir Jumain Appe MSi, dalamsambutannya  menyebutkan dalam rangka kegiatan ilmiah peringatan Hari Kebangkitan TeknologiNasional kali ini dengan tema “Iptek dan inovasi dalam Industri Kreatif untuk Kemandirian dan Daya SaingBangsa”.

“Kegiatanilmiah ini bertujuan membangun jaringan sesama akademisi bisnis dan pemerintahserta iptek inovasi lainnya, sebagai upaya penyebar luas dan informasi terkaitkebijakan program periotas progres dan capaian pembangunan ilmu pengetahuan teknologidan inovasi anak bangsa,” ujar Jumain Appe.

Jumain menjelaskan, rangkaian kegiatan ilmiah tahun ini terdiri dari 75 kegiatan yang digelar sepanjang tahun2019.

Diantaranya18 kegiatan dilaksanakandi Provinsi Bali dan 1 kegiatan dilaksanakan diluar negeri yaitu di London, dan56 kegiatan lainnya tersebar dibeberapa wilayah di Indonesia diantaranya Provinsi Sumatera Utara, Jambi, NTB, Jawa Tengah,Sulawesi Tenggara, dan lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, mengatakan peringatanHakteknas yang ke-24tersebut, ketua panitianya adalah Jumain Appe yang kebetulan juga orangSinjai.

Kartini pun sempat berdiskusi bersama Jumain Appe kalau bisa ada juga Festival Bahariyang setiap tahunnya diadakan, jadi mengundang orang luar masuk ke Sinjai.

Selanjutnyapotensi daun kelor juga bagus untuk teknologi karena daun bagus untuk berbagaiproduk dan akan dihadirkan risetnya di Kabupaten Sinjai.

Golsin harusdipikirkan pengembangannya bagaimana golsin supaya pengelolaannya semakin baikdan pemasarannya semakin baik.

Wabupberharap, dengan mengikuti kegiatan ini menjadi motivasi untuk Kabupaten Sinjaiagar semakin inovatif melihat potensi di Kabupaten Sinjai yang pantai daratandan pegunungan.

Selain itu, Kartini juga mengatakan bahwa DirjenKemenristek akan berkunjung di Kabupaten Sinjai untuk melihat potensi apa saja yang akan dikembangkan ke depan, dan teknologi yang cocok denganpotensi daerah.

PeringatanHari Kebangkitan Teknologi Nasional yang digelar di Provinsi Bali tersebutturut dihadiri MenteriPertahanan RI, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Wakil MenteriKeuangan RI, Pansus DPR, Kepala BPH Migas, Gubernur Bali yang diwakili, dan para Pejabat Tingkat Eselon I dan IILingkup Kementerian atau Lembaga.

TerPopuler