Disparbud Sinjai Gelar Rapat Persiapan Event Budaya 2019

Disparbud Sinjai Gelar Rapat Persiapan Event Budaya 2019

Jumat, 06 September 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar rapat persiapan event budaya Kabupaten Sinjai 2019, yang berlangsung di aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Jumat (6/9/2019).

Ada tiga pesta qdat di Kabupaten Sinjai, yang sudah menjadi event budaya yang akan dilaksanakan di tahun 2019, diantaranya pesta adat “Marimpa’ Salo”, pesta adat “Mappogau Sihanua” dan pesta adat “Mappogau Hanua”.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Andi Mandasini Saleh, mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan rapat itu adalah untuk membahas mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam gelaran pesta adat nanti.

“Ini merupakan salah satu upaya agar event budaya bisa menjadi pesta rakyat yang dinikmati oleh semua masyarakat tanpa mengurangi nilai luhur dari budaya tersebut,” ujar Mandasini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Haerani Dahlan, mengatakan bahwa khusus untuk pesta adat Marimpa Salo, yang merupakan agenda tahunan Kabupaten Sinjai dan waktu pelaksanaannya sudah ditetapkan pada tanggal 10 Oktober 2019 yang akan digelar di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur.

“Event ini juga sudah terdaftar dalam kegiatan budaya provinsi Sulawesi Selatan,” kata Haerani.

Haerani pun berharap nantinya dengan kerjasama dan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan, pesta adat Marimpa Salo bisa masuk sebagai salah satu event budaya nasional di Indonesia.

“Agar event ini bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, Disparbud merencanakan akan melakukan beberapa rangkaian kegiatan festival sebelum acara inti event budaya dilaksanakan. Untuk Marimpa’ Salo’, akan diadakan festival kuliner laut, festival tari pesisir, festival layang-layang, festival perahu hias, festival balap perahu, lomba tangkap bebek, dan lomba mengarang cerita dalam Aksara Lontara,” jelasnya.

Sedangkan untuk acara Mappogau Sihanua di Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo, festival yang akan diadakan yaitu, lomba kerajinan tangan, festival kue tradisional, lomba cerita rakyat, festival berburu babi, barasanji, dan kegiatan massure.

“Tapi tidak menutup kemungkinan agenda dalam setiap event ini bisa bertambah sesuai kebijakan dari pemangku adat masing-masing desa di lokasi acara,” jelas Haerani

Kadisparbud juga menambahkan bahwa untuk acara Mappogau’ Hanua’ yang akan diadakan di Kecamatan Sinjai Tengah masih dalam tahap pembahasan dikarenakan baru tahun ini masuk dalam daftar agenda Kabupaten.

Sekadar diketahui, rapat tersebut adalah merupakan rapat pendahuluan persiapan.

Untuk selanjutnya, rapat pemantapan akan diadakan di kecamatan atau lokasi tempat event budaya dilaksanakan.

Pemerintah Kabupaten Sinjai berharap pesta rakyat ini mendapat partisipasi penuh dari Pemkab dan masyarakat, serta terlaksana dengan baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Turut hadir dalam rapat diantqranya perwakilan dari Dinas Komunikasi Informatika, Statistik Dan Persandian, Bagian Humas Setdakab Sinjai, Bagian Umum Protokol Setdakab Sinjai, Pemerintah Kecamatan Sinjai Timur, Bulupoddo, dan Sinjai Tengah, Pemerintah dan Lurah Desa Sanjai, Tompobulu, dan Lurah Samenre, serta Pemangku Adat dari Desa Karampuang. (Advertorial)

TerPopuler