Ikuti Event Nasional TTG di Bengkulu, Pemkab Sinjai Tampilkan Alat Produksi BBM dari Limbah Plastik

Ikuti Event Nasional TTG di Bengkulu, Pemkab Sinjai Tampilkan Alat Produksi BBM dari Limbah Plastik

Senin, 23 September 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Salah satu langkah strategi untukmempercepat kemajuan ekonomi masyarakat dalam menghadapi persaingan globaladalah melakukan percepatan pembangunan melalui upaya pemberdayaan masyarakatdi berbagai bidang kehidupan melalui implementasi teknologi tepat guna.

PerananTeknologi Tepat Guna (TTG) apabila dimanfaatkan secara optimal diyakini akandapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Selain itu, implementasi Teknologi Tepat Gunadipandang sebagai sebuah strategi untuk mengoptimalkan pemberdayaan semua aspeksumberdaya lokal secara berkelanjutan yang mampu memberikan nilai tambah untukmeningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Demikian disampaikanBupati Sinjai, AndiSeto Gadistha Asapa di sela-sela acara gelar TTG Nasional ke – XXI yangberlangsung kawasan Sport Center Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu,Minggu (22/9/2019).

Dikatakanpemanfaatan TeknologiTepat Guna memiliki peran yang sangatstrategis di dalam mendorong tumbuh kembangnya kegiatan inovatif di masyarakat.

“Samahalnya di Kabupaten Sinjai dengan hadirnya hasil karya pemuda Sinjai yang ditampilkankali ini,kita telah menunjukkan betapa besarnya dorongan Pemkab Sinjai untuk terusmemberdayakan para kelompok usaha, utamanya dalam hal pemanfaatan teknologi tepat guna yangsesuai dengan situasi lokal. Pada gilirannya tentu itu akan mendorongoptimalisasi sumber daya baik SDM-nya maupun sumber daya alam sehingga melahirkan kemandirianmasyarakat yang dibarengi dengan kegiatan-kegiatan inovatif,” ujar Bupati yang jugadidampingi ketua TimPenggerak PKKSinjai, AndiNurhilda Daramata Seto.

Gelar TTGkali ini dibuka oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal danTransmigrasi, Eko Putro Sanjoyo.

Pada kesempatan itu, Eko Putro Sanjoyo berharap agar dengan gelar TTG 2019 ini, pemerintah daerahmendorong menggunakan teknologi tepat guna dalam pemanfaatan dana desa agarpenggunaan dana desa lebih efektif.

“Saya kiraini salah satu moment yang tepat agar hasil TTG ke XXI  2019 ini disosialisasikan untuk kemajuansemua desa di Indonesia,” pinta Eko Putro Sanjoyo di hadapan para ratusanGubernur, Bupati/Walikota Se Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sinjai Yuhadi Samad, menyebutkan Kabupaten Sinjai berpartisipasi dalamgelar TTG Nasional yang akan berlangsung selama sepekan itu memperkenalkansalah satu hasil karya terbaiknya, sebuah alat produksi BBM yang menggunakanlimbah plastik menjadi bahan bakar minyak dan bahan bakar ilir.

“Mudah-mudahanteknologi yang dikembangkan oleh kelompok masyarakat Sinjai Tengah ini bisaberguna dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” ujarYuhadi Samad.

Yuhadi menambahkan, produk hasil teknologi tepat gunabinaan Badan Usaha Milik Desa dan UKM yang ada di Kabupaten Sinjai selain mesinpengolah sampah, Kabupaten bermotto Panrita Kitta itu juga memamerkan berbagaihasil kerajinan tangan seperti bossara, tempat sendok dan asbak.

“Untukjenis kuliner, Sinjaimengandalkan kopi Borong dan kopi Manipi sebagai salah satu produk lokal yang menjadi andalan KabupatenSinjai,” jelas Yuhadi.

Hadir padaTTG Nasional XXI tahun ini, Ketua DPRD Kabupaten Sinjai Abd Haris Umar, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Akbar serta sejumlah Kepala OPD,Kepala bagian termasuk beberapa camat se-Kabupaten Sinjai. (Adv)

TerPopuler