Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis, Puluhan Wartawan di Bone Gelar Aksi Demo

Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis, Puluhan Wartawan di Bone Gelar Aksi Demo

Rabu, 25 September 2019,

BONE,SULAWESINEWS.COM – Puluhan insan pers dari media cetak, online dan elektronik diKabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menyuarakan menolak kekerasan terhadap jurnalis yang dilakukan oleh oknum aparat kepolisian.

Puluhan kuli tinta itu menggelar aksi solidaritas dibundaran depan Pos Lantas Turjawali, Jalan Petta Ponggawae, Watampone, Rabu(25/09/2019).

Aksi tersebut merupakan aksi solidaritas terhadapsejumlah jurnalis di Kota Makassar yang mengalami tindak kekerasan oleh oknumpolisi saat meliput aksidemonstrasi mahasiswa di kantor DPRD Sulsel, Selasa (24/9/2019) kemarin.

Rusmin Igho, Jurnalis Kompas Tv dalam orasinya mengutukkeras perlakuan yang tidak manusiawi oknum polisi terhadap jurnalis yang sedangmelakukan peliputan. Ia juga menuntut Kapolri serta Kapolda Sulsel lengser darijabatannya.

Anwar Marjan, aktivis yang juga wartawan mengatakan, jika jurnalis dalammenjalankan tugasnya dilindungi UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Sehinggajurnalis yang bertugas wajib dilindungi, bukan malah mendapatkan kekerasanmaupun intimidasi.

Selain berorasi, para jurnalis ini juga membawa spandukyang bertuliskan kecaman terhadap oknum pelaku tindak kekerasan terhadapjurnalis di Makassar.

TerPopuler