Minim Pengawasan, Tambang Nikel Ilegal Marak di Kolaka Utara

Minim Pengawasan, Tambang Nikel Ilegal Marak di Kolaka Utara

Kamis, 26 September 2019,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM– Aktifitas penggalian dan pengangkutan ore nikel secara ilegal, diduga terusterjadi di Kecamatan Batu Putih Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), SulawesiTenggara (Sultra).

Hal itu tidak lain disebabkan karena lemahnya pengawasanDinas ESDM Sultra dalam mengontrol aktifitas pertambangan di wilayah Sultra.

Kapal tongkang pengangkut ore nikel bebas hilir mudik diwilayah perairan Kolut, untuk mengangkut ore nikel keluar Kolut.

PT Kasmar Tiar Raya, PT Alam Mitra Indah Nugraha (Amin),PT Kurnia Mining Resources dan PT Tambang Mineral Maju (TMM) menjadi namaperusahaan tambang yang santer disebut beraktifitas di wilayah Kecamatan Batu putih.

Pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kolut angkat bicara.

Kepala DPMPTSP Kolut, Asdar Spd M si, mengaku sangatprihatin dengan banyaknya keluhan dan laporan masyarakat yang diterimapihaknya, terkait dampak dari aktifitas pertambangan illegal khususnya diwilayah Kecamatan Batu Putih belakangan ini.

Namun ia mengaku pihaknya tidak bisa bertindak jauh,untuk menindaklanjuti laporan dan keluhan masyarakat tersebut. Pasalnya, terkaiturusan aktifitas pertambangan seluruhnya sudah menjadi kewenangan PemerintahProvinsi (Pemprov) Sultra.

“Nama-nama perusahaan yang sedang beroperasi saatini kami tidak tahu. Seharusnya mereka (ESDM Provinsi) bisa ditembuskan ke kamisupaya kami catat, sekedar untuk mengetahui perusahaan apa saja sedangberoperasi di daerah kita ini,” ungkap Asdar, Rabu (25/9/2019).

Dilema yang terjadi saat ini, lanjut Asdar, Sumber DayaAlam (SDA) Kolut dari hari-hari terus dikuras oleh para penambang, namun disisi lain masyarakat setempat hanya menerima dampak buruk dari aktifitaspertambangan yang ada.

“Seandainya masalah pertambangan ini menjadikewenangan kami, pasti sudah kami tindaki. Karena masyarakat sudah sangatbanyak yang mengeluh dan melapor ke kami. Jadi kami berharap ESDM Provinsi bisaada tembusan ke kami karena bagaimanapun wilayah kita Kolaka Utara yangditempati beraktifitas,” tandasnya. (AndiMomang)

TerPopuler