Pemkab Sinjai Gelar Rapat Monitoring Evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa, Ini Tujuannya

Pemkab Sinjai Gelar Rapat Monitoring Evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa, Ini Tujuannya

Rabu, 18 September 2019,

SINJAI, SULAWESINEES.COM – Wakil Bupati Sinjai Hj Andi KartiniOttong, membuka secara resmi rapat monitoring evaluasi pengelolaan keuangan Desa Kabupaten Sinjai yangberlangsung di ruangpola kantor Bupati Sinjai, Selasa(17/9/2019).

Dalam rangkapembinaan dan pengawasan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa(APBDes) Tahun 2019, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan rapat koordinasi pengelolaan keuangan Desa terkait dengan progress pencairan APBDes dan permasalahan Desa.

Kepala DinasPMD Kabupaten Sinjai, Drs.Yuhadi Samad mengatakan bahwa rapat koordinasi dan monitoring evaluasi itu bertujuan untuk mencegah penyimpangandan kesalahan dalam pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Sinjai.

Wakil BupatiSinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, yang membuka rapat monitoring evaluasi secara resmi menyampaikan,bahwa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, salah satu indikatorpenyelenggaraan administrasiDesa yang baik adalah terwujudnya tata kelola keuangan desa yang memenuhiprinsip-prinsip mekanisme berdasarkan peraturan yang berlaku sebagaimana diaturdalam Permendagri No. 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, yangdikelola berdasarkan asas-asas Transparan, Akuntabel, Partisipatif sertadilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

“Denganadanya Rapat Monev ini mampu memberikan pengelolaan Dana Desa yang akurat danoptimal. Oleh karena itu pelaksanaan Rapat koordinasi ini diharapkan dapatmenjadi jembatan permasalahan dan kegiatan pemerintahan di desa,” harap Kartini.

Kartini jugamenyampaikan bahwa faktor utama dalam pengelolaan dana desa adalah Sinergitasantara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, dan Desa sangat penting terkaitkeseriusan desa dalam merencanakan, mengelola dan melaksanakan serta mempertanggungjawabkan dananya,” jelasnya.

Rapat monitoring evaluasi ini menghadirkan narasumber dari tim pengawal dan pengamanan pemerintahan dan pembangunan daerah, yaitu ; Kepala InspektoratKabupaten Sinjai, Andi Adeha Syamsuri, AP,S.IP.,M.Si, Kepala Seksi DatunKejaksaan Negeri Sinjai, Ibu Siti Nudarliah, SH, Kasat Reskrim Polres Sinjai,AKP Noorman, S.IK dan Kepala Bank Sulselbar Cabang Sinjai, Hendra Saad. (Adv)

TerPopuler