PT Kurnia Mining Resources, Diduga Menambang di Luar Izin

PT Kurnia Mining Resources, Diduga Menambang di Luar Izin

Sabtu, 07 September 2019,

KOLUT,SULAWESINEWS.COM – PTKurnia Mining Resources, salah satu perusahaan tambang nickel yangberoperasi di Sulawesi Tenggara (Sultra), diduga lakukan pengalian dan pengangkutan ore nikel di luar Izin Usaha Pertambangan (IUP) miliknya di Desa Mosiku, Kecamatan Batu Putih, KabupatenKolaka Utara, Sultra.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, perusahaan tersebut melakukan aktifitas pemuatan di malam hari untuk mengelabui pantauanwarga, sementara di siang hari aktifitas dihentikan.

Pantauan Sulawesinews.com di lapangan, terlihat sebuah tongkang milik PT Kurniasedang melakukan aktifitas pemuatan ore nikel yang terkesan bersembunyi.

Bahkan, perusahaan PT Kurnia Mining Resources diduga kuat sedang melakukan penambangan danpenjualan ore nikel di luartitik koordinat SK IUP yang dikantonginya.

Muhlis (24), warga setempat membenarkan situasidan aktifitas pemuatan tersebut oleh pihak perusahaan PT Kurnia, dan alat beratserta dump truck dipindahkan darilokasi ketika jam kerja diistirahatkan.

 “Kalaumalam itu kendaraan lalu-lalang didengar sampai ke kampung (pemukiman). Kalau siang tidakada, sepi,” jelas Muhlis.

Muhlis menambahkan,seminggu yang lalu sudahada kapal tongkang (berisiore nikel) milik perusahaantersebut sudah meninggalkan lokasi.

“Infonya, milik salah satu pengusaha. Kalau tidak salah, namanya “Andre,” ungkap Muhlis.

Sementara itu, pelabuhan khusus (Jetty) yang dipergunakan PT Kurnia Mining Resources didugabelum memiliki dokumen lengkap.

Namun, Kepala Wilayah Kerja (Wilker) Pelabuhan Tobaku, Ikbar yang dihubungi melalui ponselpribadinya menyebutkan, jika ada dua dokumen labuh sah yang dikeluarkan di KecamatanBatuputih antaranya PTKurnia dan PT Kasmar Tiar Raya.

“Satu (kapal)tongkang sudah penuh, hanya belum berangkat karenaterkendala pembayaran antara pihak perusahaan dengan milik lahan,” ungkap Ikbar di balik telepon.

Meski demikian, penjelasan Ikbar terkesan menyembunyikan salah satu nama pemilik kapal tongkang yang sedang melakukanpemuatan. (Andi Momang)

TerPopuler