Peristiwa

Antar HZB Palaguna ke Peristirahatan Terakhirnya, Pangdam Hasanuddin: Kita Kehilangan Tokoh Terbaik

BONE, SULAWESINEWS.COM – Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Surawahadi S.IP M.Si, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada proses pemakaman almarhum Mayjen TNI (Purn) H. Zainal Basri Palaguna, di pemakaman umum Dusun Larumange, Desa Liliriattang, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, Kamis (3/10/2019).

Dalam sambutannya, Pangdam Hasanuddin mengatakan bahwa segenap masyarakat Sulawesi Selatan berkabung atas wafatnya Mayjen TNI (Purn) H. Zainal Basri Palaguna.

“Kita telah kehilangan salah seorang tokoh terbaik Sulawesi Selatan, yang banyak mengabdi bagi bangsa, negara dan masyarakat,” ujar Pangdam.

“Beliau adalah sosok pemimpin sederhana, teliti dan disiplin serta sangat peduli pada daerahnya, baik dalam pengabdiannya dalam Militer (Pangdam VII/Wirabuana 1991-1993), maupun dalam mengemban tugas pemerintahan sebagai Gubernur Sulawesi Selatan 1993-2003”, tambah Mayjen Surawahadi.

Baca Juga:  Pangdam Pimpin Penerimaan KKLDN Dikreg LVII Seskoad di Makodam

Pangdam juga mengucapkan belasungkawa atas nama pribadi dan keluarga besar Kodam XIV Hasanuddin.

Selain itu, Pangdam mengajak seluruh hadirin para pengiring jenazah untuk mendoakan, memaafkan segala khilaf dan kesalahan almarhum.

“Semoga amal ibadah almarhum diterima dan diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wata’ala dan semoga khusnul khotimah,” doa Pangdam.

Untuk keluarga almarhum yang ditinggalkan, Mayjen Surawahadi juga mendoakan agar senantiasa tabah, sabar dan menerima kepergian almarhum dengan ikhlas serta tawakkal.

Diketahui bahwa Almarhum H. Zainal Basri Palaguna menghembuskan nafas terakhirnya pada hari ini Rabu tanggal 2 Oktober 2019, sekitar pukul 16.15 WITA di kediaman pribadinya Jl. Hertasning Raya 28 Makassar.

Baca Juga:  Usai Pilkades Serentak, Kantor DPMD Kolaka Utara Terbakar

Dihadiri oleh ribuan pelayat dari Makassar dan Bone serta daerah-daerah sekitarnya, pemakaman secara militer berjalan lancar dan khitmad dengan komandan upacara Letkol Inf Mustamin yang juga Dandim 1407 Bone.

Turut hadir dalam upacara tersebut Ketua Persit Chandra Kirana Daerah XIV Hasanuddin Ny. Endang Surawahadi, Bupati Bone Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi M.Si, Danrem 141 Toddopuli Kolonel Inf Suwarno, Aster Kasdam Kolonel Arm Hari Wibowo, Kapendam Kolonel Inf Maskun dan unsur Forkopimda maupun para pejabat teras kabupaten Bone serta keluarga besar H. Zainal Basri Palaguna. (**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top