Ini Kata Kartini Saat Hadiri Pesta Adat Ma'rimpa Salo

Ini Kata Kartini Saat Hadiri Pesta Adat Ma'rimpa Salo

Kamis, 10 Oktober 2019,

SINJAI,SULAWESINEWS.COM – Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, menghadiri pesta adat ‘ma’rimpa salo’ yangberlangsung di Takkalala, Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kamis (10/10/2019).

Kepala Dinas Pariwisata danKebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai, Haerani Dahlan, dalam sambutannyamenyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah dalam rangka melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokalmasyarakat Kabupaten Sinjai.

Untuk mengangkat dan memperkenalkan potensi budaya sebagai salah satupotensi wisata bagi seluruh masyarakat. Meningkatkansolidaritas dan menggali kembali partisipasi dan gotong royong masyarakat yangmungkin saja sudah mulai berkurang akibat dengan globalisasi.

Mendukung peningkatan jumlahkunjungan wisata khususnya wisatawan yang mencintai budaya lokal di KabupatenSinjai.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah puncakacara. Sebelumnya sudah melakukan kegiatan festival layang-layang yaitu padatanggal 5 Oktober di Pantai Hubat, kemudian ada Festival Balap Perahu, FestivalKuliner laut yang pada hari ini. Kemudian itu kemarin malam ada kegiatan berupaFestival Tari Kreasi Pesisir, dan mengarang dalam tulisan lontara bagianak-anak sekolah,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, anggaran pelaksanaan kegiatan padatahun 2019 yaitu merupakan anggaran pada Dinas Pariwisata dan kebudayaankemudian anggaran dari Alokasi Dana Desa khusus untuk Desa Sanjai dan yangpaling utama adalah tentu saja adalah partisipasi dan gotong royong dariseluruh warga masyarakat desa Sanjai.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottongmengatakan, bahwa Pesta Adat Ma’rimpa Salo merupakan event budaya yangterselenggara setiap tahunnya, dan telah menjadi Calender Of Event ProvinsiSulawesi Selatan. Event ini sarat dengan makna dan nilai filosofi yang positifdalam rangka Penguatan Budaya Lokal serta Jati Diri Masyarakat.

“Pengembangan adat Budaya Daerah tidak hanya sebagaiupaya mengembangkan wisata budaya didaerah ini, dijadikan sebagai indentitasjati diri keragaman budaya, dan patut bersyukur dan bangga keragaman budayayang sejak dahulu kala masih dipertahankan hingga saat ini, dan partisipasiaktif dari masyarakat merupakan kunci dalam penyelenggaraan pesta adat ma’rimpa salo kaliini,” jelas Kartini.

Tampak hadir dalam kegiatan ini yakni unsur forum KomunikasiPimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Sinjai, Kapolres Sinjai, KetuaPengadilan Agama  Sinjai, Para Kepala OPDLingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai, Pimpinan BUMN BUMD Kabupaten Sinjai.

Serta KepalaBagian Setdakab Sinjai, para Camat se-KabupatenSinjai, para tokoh seni dan budaya, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuanserta segenap masyarakat Desa Sanjai danDesa Bua yang sempat hadir pada acara ini. (Adv)

TerPopuler