Pemkab Sinjai Gelar Pesta Adat Mappugau Sihanua, Ini Harapan Kartini

Pemkab Sinjai Gelar Pesta Adat Mappugau Sihanua, Ini Harapan Kartini

Kamis, 17 Oktober 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – PemerintahKabupaten Sinjai menggelar pesta adat ‘Mappogau Sihanua’ yang bertempat dirumah adat Karampuang, Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai,Kamis (17/10/2019).

Pesta adat Mappogau Sihanuamerupakan event budaya tahunan di Kabupaten Sinjai yang sarat dengan maknafilosofi dalam rangka penguatan budaya lokal serta jati diri masyarakat.

Sekretaris Dinas Pariwisata danKebudayaan Kabupaten Sinjai, Andi Mandasini dalam laporannya mengatakan bahwatujuan kegiatan ini, untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal masyarakatKabupaten Sinjai, khususnya di Komunitas Adat Karampuang Desa TompobuluKecamatan Bulupoddo dalam upaya meningkatkan dan memperkenalkan potensi wisatakhususnya wisata budaya di Kabupaten Sinjai.

“Meningkatkan solidariatas dankebersamaan masyarakat serta mempertahankan sifat gotong royong dikalanganmasyarakat. Meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Sinjai,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil BupatiSinjai Hj. Andi Kartini Ottong mengatakan bahwa, sebagai warga Kabupaten Sinjaitentunya kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena Daerah tersebut menyimpanbanyak potensi budaya yang apabila dikemas dengan baik akan menjadi aset yangtak ternilai harganya untuk membentuk karakter dan budi pekerti masyarakat yangtangguh serta dapat menjadi penopang dalam mengembangkan industri pariwisata.

“Olehnya itu, menjadi tanggungjawab kita bersama agar tradisi dan budaya yang ada tetap lestari denganmemperhatikan kaidah, norma dan syariat agama. Pelestarian tradisi dan budayajuga diharapkan menjadi filter bagi pengaruh negatif kemajuan teknologi daninformasi,” harap Kartini.

Selain itu, sebagai salah satuevent budaya Kabupaten Sinjai dari tiga warisan budaya tak benda yang telahditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Bersertifikasi NasionalTahun 2018, yaitu pesta adat Mappogau Sihanua, pesta adat Ma’rimpa Salo danKawasan Adat Karampuang.

”Maka sepatutnya kita dapat bersama-sama lebih pro aktif dalam upaya melestarikan pesta adat Mappogau Sihanua ini, serta melakukan promosi yang lebih intensif sehingga event budaya ini dapat dikenal lebih luas, bukan hanya oleh masyarakat dalam tetapi juga oleh masyarakat luar Kabupaten Sinjai,” jelas Kartini. (Adv)

TerPopuler