Pengambilan Sumpah Pimpinan DPRD Bone, Wartawan Dilarang Masuk

Pengambilan Sumpah Pimpinan DPRD Bone, Wartawan Dilarang Masuk

Kamis, 10 Oktober 2019,

BONE,SULAWESINEWS.COM – Puluhan wartawan media cetak dan online yang bertugasdi Kabupaten Bone merasa kecewa lantaran dihalangi saat hendak meliput acarapengambilan sumpah pimpinan (Wakil Ketua) DPRD Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan,Kamis (10/10/2019) malam.

Para wartawan yang hendak masuk ke gedung untuk meliput acaraseremonial itu, tidak diizinkan oleh polisi yangberjaga-jaga di depan pintu.

Tidak diketahui alasan yang jelas atas pelarangan itu, namun para petugas tersebut menanyakan id card khusus danundangan kepada para wartawan yang hendak masuk untuk meliput di ruangan itu.

“Saya heran,kenapa wartawan dilarang masuk meliput. Ada apa dalam pelantikan ini? Sebelumnyatidak ada informasi terkait ID Card. Saya tidak suka hal-hal sepertiini. Kita ini sudah dipermalukan. Ini terbukauntuk umum, tapi kenapa wartawan dilarang masuk meliput,” kesal Andi Basri Rani, Wartawan Harian Tribun Bone.

Terkait hal itu, sejumlah wartawan mencoba menghubungi telepon seluler (ponsel) Kabag Humas DPRD Bone, Kemal, untuk menanyakan soal pelarangan itu, namun tidak berhasil karena ponsel tidak aktif.

Saipullah Latif, salah anggotaDPRD Kabupaten Bone yang menemui awak media seusai acara, mengaku sangatprihatin atas kejadian tersebut. Kendati demikian, menurut dia insiden tersebuthanyalah miskomunikasi.

“Mungkin yang dimaksud itu, idcard pers. Karena kalau id yang disiapkan panitia tidak ada. Mungkin ini miskomunikasi,karena rapat (pengambilan sumpah) ini terbukauntuk umum, sehingga siapa pun boleh masuk. Selain itu, saya kira media (wartawan)itu memang tugasnya untuk meliput,” kata Saipullah.

Sementara itu, terkait insidenpelarangan peliputan awak media di acara pengambilan sumpah pimpinan DPRDBone tersebut, hingga kini belum klarifikasiresmi baik dari Bagian Humas Sekretariat DPRD, maupun pihak kepolisian.

Sekadar informasi, dua pimpinan DPRD Bone periode 2019 – 2024 yang diambil sumpahnya, yakni H Ramang (Wakil Ketua I) dari Partai Gerindra, dan Andi Wahyudi Taqwa (Wakil Ketua II) dari Partai Amanat Nasional (PAN).

TerPopuler