Ratusan Operator Sekolah di Sinjai Ikuti Sosialisasi Data Pokok Pendidikan Versi Terbaru

Ratusan Operator Sekolah di Sinjai Ikuti Sosialisasi Data Pokok Pendidikan Versi Terbaru

Selasa, 22 Oktober 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Drs Akbar M.Si membuka acara sosialisasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) jenjang pendidikan dasar Kabupaten Sinjai yang berlangsung di Wisma Hawai, Selasa (22/10/2019)

Ketua panitia H Muh Akbar Akib, S.Pd M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan itu adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman para operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik.

Adapun peserta yang diundang operator SMP sebanyak 42 orang, SD sebanyak 243 dan ketua gugus SMP dan SD sebanyak 40 orang serta staf dinas pendidikan sebanyak 25 orang.

“Saya berharap setelah kegiatan ini para operator sekolah dapat memahami mekanisme setiap perubahan yang ada pada sistem dapodik dan melakukan sharing setiap saat, memvalidasi dan memverifikasi minimal setiap semester,” ujar Muh Akbar.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dr. A Suryanto Asapa dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini tujuannya untuk menyampaikan tentang sosialisasi dapodik versi terbaru tahun 2020 dan tentunya ada banyak perubahan.

Suryanto menjelaskan, operator sekolah memiliki peranan yang sangat penting dan menjadi penentu pencairan dana disekolah tersebut. Karena operator sekolah inilah yang mengolah semua data-data yang ada disekolah.

“Saya berharap adanya keterlibatan para pengawas, kepala gugus, kementrian korwil serta khususnya kepala sekolah untuk mendampingi operator dapodik. Karena seperti yang kita ketahui bahwa keterlibatan kepala sekolah dalam pengelolaan Dapodik ini kurang aktif,” kata Suryanto.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada Para Kepala Sekolah agar lebih aktif lagi untuk mendampingi Operator Sekolahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Drs. Akbar, M. Si dalam sambutannya mengatakan bahwa perkembangan teknologi dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan dan sudah menjalar ke semua sektor kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan.

“Dengan adanya aplikasi yang dibuat oleh kemendikbud tentang Dapodik dimana di dalamnya membuat data satuan Pendidikan yaitu pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan serta substansi Pendidikan yang datanya harus terus menerus di perbaharui secara online,” ungkap Akbar

Lebih lanjut Akbar juga menyampaikan, bahwa di era 4.0 sekarang yang semangatnya mengglobal dengan perkembangan teknologi dan mengharuskan kita ikut berkompetensi di dalamnya sesuai dengan program unggulan Presiden tentang bagaimana melakukan dan memberikan pelayanan melalui internet data dan komunikasi dilakukan dengan peng-upload-an baik dalam bentuk masukan ataupun kritikan, sehingga tenaga yang ada di Dinas Pendidikan harus mampu menggunakan aplikasi dan mampu melihat perkembangan baik secara potensi, geografis maupun sistem-sistem yang berlaku secara internal.

“Saya juga berharap kepada seluruh operator sekolah agar melakukan kerja sama yang baik dengan tenaga-tenaga yang ada di Dinas Pendidikan,” harap Akbar. (Adv)

TerPopuler