Wujudkan Sinergitas Tata Ruang, Pemkab Sinjai Gelar Seminar RTRW

Wujudkan Sinergitas Tata Ruang, Pemkab Sinjai Gelar Seminar RTRW

Kamis, 03 Oktober 2019,

SINJAI,SULAWESINEWS.COM – Untuk mewujudkan sinergitas penataan Rencana TataRuang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sinjai yang berkualitas, Pemerintah KabupatenSinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar seminarantara tentang Revisi RTRW yang berlangsung di ruang rapat Kantor Bappeda,Kamis (3/10/2019).

Asisten Ekonomi Pembangunan, dr Hj Nikmat Baddare Situruyang turut hadir pada seminar tersebut mengatakan, tujuan dari pertemuantersebut adalah bagaimana mensinkronisasikan isi dari Peraturan DaerahKabupaten Sinjai tahun 2019 tentang rencana tata ruang wilayahnya.

“Tujuannya untuk mewujudkan tatanan ruang yang asri,produktif dan berkeadilan melalui optimalisasi sumber daya alam secaraberkelanjutan serta di dukung kualitas SDM yang unggul dan berdaya saing,”katanya.

Menurutnya, kegiatan ini dimaksudkan juga untukmemberikan informasi dan klarifikasi berbagai hal terkait dengan revisi RTRWKabupaten Sinjai.

“Kita juga berharap adanya informasi berbagaiketentuan teknis yang menjadi acuan di dalam mendayagunakan rencana tata ruangdi Kabupaten Sinjai serta meningkatnya pengetahuan mengenai penataan ruang baikkepada aparatur daerah serta seluruh stakeholders dalam penerapan rencana tataruang dan pengendalian pemanfaatan ruang sesuai visi misi Pemkab Sinjai yangberkelanjutan dengan berorientasi pada pengembangan agro industri denganmengedepankan ekonomi kerakyatan,” paparnya.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Lembaga Penelitian danPengabdian Masyarakat (LP2M) Pusat Penataan Ruang dan Lingkungan HidupUniversitas Bosowa Makassar.

Dr. Ir Syafri, M. Si dari Universitas Bosowa menyampaikanisu pembangunan berkelanjutan prioritas yang di rumuskan merupakan akar masalahdalam perencanaan pembangunan kewilayahan di Sinjai. Inilah yang kemudian akandi gali sebagai bahan pertimbangan tujuan pengembangan wilayah.

“Apalagi saat ini kegiatan yang menjadi motorpertumbuhan perkotaan di Sinjai adalah kegiatan perkantoran,  pariwisata, perdagangan dan jasa. Namun demikian secara umum seluruh kegiatan masihberorientasi spesial ke kawasan di pusat kota,” jelas Syafri.

Turut hadir dalam seminar tersebut diantaranya, KetuaDPRD Sinjai Abd Haris Umar, Dandim 1424 Letkol Inf. Oo Syahrojat, asisten I DrMukhlis Isma, para kepala OPD dan para camat se-Kabupaten Sinjai. (Adv)

TerPopuler