Ekonomi

Pemkab Sinjai Berkomitmen Terus Mendorong Pertumbuhan Wirausaha, Ini Buktinya

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja menggelar pembekalan peserta kegiatan penciptaan wirausaha baru tenaga kerja mandiri pola pendampingan paket V, paket VI dan paket VII (PNBP) dan penyerahan bantuan sarana usaha yang digelar di Wisma Hawai Sinjai, Jumat (29/11/2019).

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja, H Firdaus, dalam laporannya menyampaikan bahwa pembekalan peserta kegiatan penciptaan wirausaha baru tenaga kerja mandiri dengan pola pendampingan merupakan proses kegiatan untuk menciptakan wirausaha muda atau pengusaha pemula yg berkualitas, produktif dan kompetitif yang mempunyai minat, bakat dan motivasi untuk menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri dan orang lain sebagai wirausaha yang mandiri dan profesional.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan dan memperluas lapangan kerja dan kesempatan kerja baru, memperluas dan mengembangkan kegiatan ekonomi lokal yang produktif dan berkelanjutan pada skala mikro, dan kecil/mencegah, membangun dan mengembangkan memotivasi dan inovasi masyarakat agar mau mengelola potensi sumberdaya lingkungan.

Baca Juga:  Puncak Peringatan HJS ke-455, Bupati : Sinjai Mampu Berkembang ke Arah yang Lebih Baik

Adapun peserta yang hadir pada kesempatan ini adalah peserta kegiatan pelatihan penciptaan wirausaha baru. Paket 3 peserta 20 orang jenis usaha tata boga, paket 4 peserta 20 orang jenis usaha tata boga, paket 5 peserta 20 orang jenis usaha perbengkelan, paket 6 peserta 20 orang jenis usaha menjahit, paket 7 peserta 20 orang, jenis usaha pertukangan. Adapun peserta keseluruhan sebanyak 100 orang,” jelas Firdaus.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Ghadista Asapa dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pembangunan di bidang ketenagakerjaan di Kabupaten Sinjai disesuaikan dengan sumber daya serta kondisi lingkungan setempat secara terpadu sehingga dari hasil pembangunan itu dapat meningkatkan kesejahteraan sosial.

“Pemerintah Kabupaten Sinjai berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan wirausaha dengan memperbanyak kesempatan kerja baru, melaui serangkaian kegiatan, berupa pelatihan permodalan/peralatan bimbingan produksi, fasilitas pemasaran dan pengembangan inklusi bisnis,” jelas Seto

Baca Juga:  Ciptakan Lapangan Kerja, Pemkab Sinjai Gelar Pelatihan Wirausaha Baru

Kegiatan pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan saat ini dengan memberikan bantuan sarana usaha peralatan perbengkelan, pertukangan, tata boga, dan menjahit kepada kelompok usaha merupakan bagian dari program penciptaan lapangan kerja dan wirausaha baru sesuai visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai 2019-2023 untuk menciptakan 1.000 wirausaha baru dan 10.000 lapangan kerja baru.

“Saya mengajak dan berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti  pelatihan dengan penuh kedisiplinan dan ketekunan, bantuan peralatan usaha yang diberikan agar dipergunakan dengan baik dalam menjalankan dan mengembangkan usaha sesuai peruntukannya, karena ini merupakan kesempatan yang sangat berharga,” ungkap Seto.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, para OPD, para kepala bagian lingkup Setdakab.Sinjai, para pejabat Eselon III, Eselon IV dan staf lingkungan Dinas Koperasi UKM dan tenaga Kerja Kabupaten Sinjai, panitia pelaksana dan para peserta pembekalan peserta kegiatan penciptaan wirausaha baru tenaga kerja mandiri. (Adv)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

COPYRIGHT © 2015 - 2019 - PT SULAWESI MULTIMEDIA GRUP

To Top