Amankan Pilkades Serentak di Kolaka Utara, Ini yang Dilakukan Polisi

Amankan Pilkades Serentak di Kolaka Utara, Ini yang Dilakukan Polisi

Jumat, 01 November 2019,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM – KepolisianResor (Polres) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar apel pasukan dalamrangka pengamanan pemilihan kepala desa serentakdi Kabupaten Kolaka Utara.

Apel tersebut dipimpin langsungKapolres AKBP Susilo Setiawan Sik di halaman Mapolres Kolut, Jumat (01/11/2019).

Kepada wartawan, SusiloSetiawan mengungkapkan bahwa sebanyak 194 personeldari Polres Kolut bersama TNI, Satpol PP dan Linmas dilibatkan dalam pengamanan Pilkadesserentak tahun 2019 yang akan berlangsung pada hari Sabtu (3/11/2019). 

“Pengamanan Pilkadesdilaksanakan selama lima hari berturut-turut, mulai 1 sampai 5 November 2019.Sementara proses pemungutan dan penghitungan suara pada pelaksanaan Pilkadesakan digelar secara serentak di 63 Desa di 15Kecamatan se-Kabupaten Kolaka Utara pada hariMinggu  (03/11/2019) mendatang,” jelas Susilo.

Susilo menambahkan, seluruhpersonil sudah menempati posisinya masing-masing. “Jadi apel kesiapan ini yaitu konsolidasi untuk mengecekkesiapan personil yang akan digeser ke masing-masing wilayah,” katanya.

Pilkades serentak tahun 2019 di Kolaka Utara, kata dia, memiliki kompleksitaskerawanan dalam karakteristik yang khas, karenasecara serentak di beberapa daerah kondisi ini akan menuntut pada adanya upayamaksimal dari masing-masing calon kepala desa dalam berkompetisi secara ketatuntuk meraih suara sebanyak-banyaknya tidak hanya untuk menenangkan.

“Peningkatan intensitaskegiatan politik ini tentu dapat memunculkan potensi perlawanan di bidangkeamanan, diantaranya yang cukup menjadiperhatian bagi Polri adalah kampanye negativekampanye hitam atau( black campaign) maupunpembunuhan karakter dengan cara mengangkat isu sara baik di dunia nyata, maupun dilema atau media sosial yang berpotensimenimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Susilo menjelaskan, berbagaipotensi kerawanan telah dipetakan untuk melakukan upaya penegakan secara profesionaldan berkelanjutan.

“Selain itu ,keberhasilan peluit ini dan seluruh elemen dalampengamanan pemilu tahun 2019 menjadi salah satu refensi penting dalampengamanan Pilkades ini,” tutupnya. (AndiMomang)

TerPopuler