Apresiasi Bedah Buku Sinjai Dalam Bingkai Sejarah dan Budaya, Ini Harapan Seto

Apresiasi Bedah Buku Sinjai Dalam Bingkai Sejarah dan Budaya, Ini Harapan Seto

Rabu, 27 November 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menghadiri bedah buku dan lemilihan duta baca Kabupaten Sinjai 2019-2020, serta kegiatan lomba cerdas cermat dan sinopsis yang bertempat di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sinjai, Rabu (27/11/2019).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sinjai, La Baba Paisal dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan itu untuk mendorong kemajuan budaya literasi di Kabupaten Sinjai, dan berkontribusi dalam penciptaan karya tulis, memunculkan penulis-penulis yang berbakat, inovatif dan kreatif. Juga meningkatkan kegemaran membaca masyarakat melalui karya tulis yang tercipta serta menambah wawasan dan informasi masyarakat.

Sementara itu Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi penulisan sejarah buku Sinjai, semoga buku sejarah yang ditulis tersebut bisa menjadi referensi dan bisa dibawa ke sekolah untuk menjadi bahagian pendidikan kebudayaan dan kesejarahan bagi para siswa-siswi di Sinjai.

Bupati Sinjai juga mengatakan bahwa minat baca masyarakat Indonesia termasuk di Kabupaten Sinjai masih sangat rendah, maka dengan peningkatan kegemaran membaca akan sangat dibutuhkan budaya dan kecakapan dalam menulis, maka sejalan dengan itu bedah buku perlu menjadi agenda perpustakaan yang rutin dilaksanakan sekaligus menfasilitasi dan melakukan pembinaan pada penulis yang tidak tertutup kemungkinan akan terbentuk forum penulis Kabupaten Sinjai kedepan.

“Untuk itu pemerintah Kabupaten Sinjai berharap bedah buku ini yang berjudul Sinjai Dalam Bingkai Sejarah dan Budaya dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat untuk gemar membaca dan menulis termasuk kaum milenial. Saya juga berharap tahun depan ada tulisan potensi Sinjai terkait kepariwisataan yang bisa kita jual untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sinjai,” jelas Seto.

Pada pelaksanaan bedah buku tersebut, penulis buku Drs Muhannis  mempresentasekan tentang buku yang ditulisnya dengan judul Sinjai dalam bingkai sejarah dan budaya.

Hadir sebagai pembedah buku pada kegiatan tersebut, yaitu Haerani Dahlan, Dr. Judrah, Dr. Asriadi, Dr. Hermasyah, Dr. Anis, dan dipandu oleh moderator Zainal Abidin Ridwan.

Turut hadir Wakil Bupati Sinjai, para Kepala OPD, lara Kabag, para pembedah buku, penulis buku, para pemerhati sejarah dan budaya, para guru sejarah, seni dan budaya. (Adv)

TerPopuler