Begini Upaya Pemkab Sinjai Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif di Era Globalisasi

Begini Upaya Pemkab Sinjai Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif di Era Globalisasi

Jumat, 29 November 2019,

SINJAI,SULAWESINEWS.COM – Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa Membuka acaraPengembangan Industri Kecil dan Menengah terhadap pemanfaatan Sumber Daya Alamyang berlangsung di Gedung Pertemuan, Kamis(28/11/2019).

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Industri Sebagai Penopang Ekonomi Daerah”.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian,Energi dan Sumber Daya Mineral, H Muh Ramlan Hamid dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebutsebagai ajang memperkenalkan produk lokal dalam rangka pengembangan usaha danmencari pasar yang tetap.

Menambah pengetahuan teknisdan wawasan pelaku usaha industri, menjawabtantangan akan adanya kekurangan tenaga teknis di DagprindesdmKabupaten Sinjai. Serta upaya meningkatkan produktivitas pelaku usaha industri dengan perbaikan SDMserta mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sinjai yakni terwujudnyamasyarakat Sinjai yang mandiri berkeadilan dan religius melalui peningkatankualitas sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Di kesempatan tersebutjuga  diadakan gelar produk, penilaianproduk, talkshow dan akan berlangsung selama tiga hari yang diikuti oleh 50pelaku usaha industri.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa dalam sambutannyamenyampaikan bahwa kegiatan gelar produk ini merupakan upaya pemerintah daerahdalam membangun dan menumbuhkan industri kreatif secara konsisten,pemerintahberupaya mendorong pengembangan industri kreatif karena sektor ini dapatberkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dannasional.

“Seperti yang kita ketahui bahwa kabupaten Sinjaimemiliki banyak potensi produksi dan untuk peningkatan kualitas hasil produksiyang dihasilkan industri kecil dan menengah menjadi sangat penting untukdiperhatikan, utamanya dalam era globalisasi yang kian terbuka saat ini, dimana tantangan dan pesaingan produk industri semakinterbuka dari seluruh wilayah tanpa ada batas administrasi dan wilayah territorial.

Sehingga di era globalisasiseperti sekarang ini berbagai produk mancanegara akan menjadi pesaing bagiproduk yang dihasilkan oleh industri dalam negeri, oleh karena itu sayaberharap kepada  Disperindag untukbekerja sama dengan icon-icon yang bisa mempromosikan produk sinjai melaluimedia online seperti bukalapak karena di sanatersedia untuk promosi untuk produk lokal,” jelas Seto.

Selain itu, Bupati menyambut baik dan memberi dukungan atasterselenggaranya kegiatan gelar produk tersebut, karena mempunyai arti yangsangat penting sebagai ajang promosi dan penyebaran informasi untuk berbagaiproduk industri yang ada di Sinjai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Forkopimda, SekretarisDaerah, Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, para asisten, para staf ahli, para kepala OPD, para Kabag, para Camat, para KepalaBUMN/BUMD. (Adv)

TerPopuler