Bupati Sinjai Serahkan Ranperda Tahun 2020, Ini Kata Ketua DPRD

Bupati Sinjai Serahkan Ranperda Tahun 2020, Ini Kata Ketua DPRD

Sabtu, 09 November 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Bupati Sinjai,Andi Seto Gadhista Asapa, menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka PenyampaianRanperda Kabupaten Sinjai tentang Anggaran APBD Tahun Anggaran 2020, yangdirangkaikan dengan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD, yang bertempat di RuangRapat DPRD Kabupaten Sinjai, Sabtu (9/11/2019).

Ketua DPRD Sinjai, Abdul HarisUmar dalam sambutannya menyampaikan bahwa APBD merupakan dasar PengelolaanKeuangan Daerah dalam masa satu tahun anggaran.

Untuk itu kata Abdul Haris, diharapkanagar dalam penyusunan rancangan APBD tahun 2020 mengacu kepada prinsip-prinsippenyusunan APBD sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam NegeriRepublik Indonesia Nomor 33 Tahun 2019, diantaranya agar penyusunan APBD ituberdasarkan kebutuhan penyelenggaraan urusan Pemerintahan yang menjadikewenangan Daerah dan Kemampuan Keuangan Daerah, serta berpedoman kepada RKPD,KUA dan PPAS. Selanjutnya terkait masalah kebijakan dalam penyusunan APBD.

“Kemudian terkait denganPenganggaran Belanja Daerah, maka diharapkan agar Program dan kegiatantersebut, memberikan informasi yang jelas dan terukur serta memiliki korelasilangsung dengan keluaran yang diharapkan.

Selanjutnya terkait denganpenganggaran pembiayaan daerah diharapkan agar penganggaran sisa Iebihperhitungan anggaran tahun sebelumnya harus didasarkan atas perhitungan yangcermat dan rasional dengan mempertimbangkan perkiraan realisasi tahun anggaran2019 dalam rangka menghindari kemungkinan adanya pengeluaran pada tahun anggaran2020 yang  tidak dapat didanai akibat tidak tercapainya SlLPA yangdirencanakan,” jelas Abdul Haris.

Sementa itu, Bupati Sinjai AndiSeto Gadhista Asapa, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara penyerahanRancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah(RAPBD) Kabupaten Sinjai hari ini, merupakan kelanjutan dari rangkaian tahapanpenyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sinjai TahunAnggaran 2020. Dimana sebelumnya, telah ditandatangani Nota kesepakatan Bersamatentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priotas Plafon Anggaran Sementara(PPAS) RAPBD Tahun 2020 oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai dengan DPRD KabupatenSinjai dalam Sidang Paripurna beberapa hari yang lalu. Yang mana KUA dan PPAStersebut telah melalui pembahasan dan persetujuan dari Badan Anggaran DPRDserta Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Lebih lanjut Bupati Sinjai jugamenguraikan tentang Rencana Belanja Daerah Tahun 2020 sebesar 1,33 TrilliunRupiah lebih yang terdiri dari Belanja Tidak Langsung sebesar 661.04 Milyarrupiah lebih, meningkat sebesar 18.11 Milyar rupiah dari alokasi tahun 2019yang sebesar 642,93 milyar rupiahIebih.

Belanja Langsung direncanakan 671Milyar rupiah lebih, mengalami penurunan 4,9% dari rencanana tahun 2019 yangsebesar 705.58 milyar rupiah lebih.

Selanjutnya penyerahan RencanaPeraturan Daerah Kab. Sinjai tentang APBD Tahun 2020 oleh Bupati Sinjai KepadaKetua  DPRD Sinjai.

Pandangan umum Fraksi-FeraksiDPRD Sinjai dari  perwakilan Partai politik menyetujui Rencana PeraturanDaerah (Ranperda) Tahun Anggaran 2020 sebesar 1,33 Triliun, yang akan di bahasdi Banggar DPRD  Sinjai bersama Pemerintah Daerah Sinjai.

TerPopuler