Diguyur Hujan Deras, Dua Rumah Warga di Kolut Hanyut Terbawa Arus

Diguyur Hujan Deras, Dua Rumah Warga di Kolut Hanyut Terbawa Arus

Selasa, 12 November 2019,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM – Hujan derasyang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), SulawesiTenggara, Selasa (12/11/2019) dini hari menyebabkan puluhan rumah di DesaUjung Tobaku, Kecamatan Katoi dilanda banjir.

Musibah yang terjadi sekitarpukul 01.00 Wita dini hari tersebut menyebabkan dua rumah warga yang beradadi bantaran sungai di dusun tiga hanyut terbawa air.

Kepala Dusun tiga, Sirajuddin, mengatakanbahwa air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 24.00 Wita, namunpuncaknya sekitar pukul 01.00 Wita dengan arus air yang sangat derasmenyebabkan dua rumah warga hanyut terbawa arus.

Kepala Bidang Darurat Bencana danLogistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara, Berti,mengatakan bahwa pihak BPBD Kolut telah turun ke lapangan untuk melakukanpendataan, guna memastikan berapa jumlah rumah warga yang tertimbun materiallumpur dan yang rusak parah.

“Jadi untuk sementara saya belumbisa memberikan data pasti berapa berapa rumah warga yang mengalami kerusakan,karena saat ini sementara dalam pendataan. Tapi yang pasti, ada dua rumah wargayang hanyut terbawa air berdasarkan laporan yang kami terima,” ujar Berti, Selasa(12/1/2019), saat ditemui di lokasi kejadian.

Sementara di tempat terpisah,Simarno, salah satu korban bencana banjir bandang, menyebutkan bahwa kejadiannyapada Senin malam (11/1/2019) sekitar pukul 24.00 Wita. Namun yang paling parah sekitarpukul 01.00 malam (Selasa dinihari).

“Sebelum rumah saya hanyutterbawa arus, ada beberapa orang di dalam rumah termasuk ibu yang lagi sakit.Mendengar adanya luapan cukup deras, saya mengendong ibu ke masjid untukmenyelamatkan diri beserta keluarga,” jelas Simarno.

“Setelah itu, saya kembali untukmenyelamatkan barang- barang, tapi pas kembali ke rumah ternyata rumah sayasudah hanyut terbawa air sehingga tak satupun barang yang sempat diselamatkan,”sambungnya. (Andi Momang)

TerPopuler