Ini Upaya Pemkab Sinjai Dalam Pencegahan dan Penurunan Stunting

Ini Upaya Pemkab Sinjai Dalam Pencegahan dan Penurunan Stunting

Sabtu, 02 November 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Penandatanganankomitmen upaya pencegahan dan penurunan stunting kesepakatan bersama dalamrangkaian workshop koordinasi konvergensi penurunan stunting berlangsung diHotel Srikandi Sinjai, Jumat (01/11/2019).

Kepala Dinas Kesehatan KabupatenSinjai, dr. Andi Suryanto Asapa menyampaikan bahwa setelah melakukan workshopdan penandatanganan, ada 17 lokus di desa dan kelurahan yang akan menjadi titikfokus prioritas dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Sinjai.

“Kita juga akan menyusunperencanaan pada tahun 2020 sehingga nanti kita tidak lagi start dari awaltetapi melanjutkan apa yang sudah kita capai pada hari ini dan semua kabupatenakan start di 2020. Akan tetapi Sinjai akan start lebih cepat sehinggapersiapan konvergensi stunting pada tahun 2020 itu jauh lebih siap” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikanbahwa Bupati Sinjai juga meminta OPD untuk melakukan penandatanganan komitmensehingga semua OPD dan Camat juga turut menandatangani dalam rangkamelaksanakan pencegahan dan penurunan stunting di Sinjai.

“Karena saya lihat juga dariawal bahwa OPD dan Camat mengikuti workshop ini dengan aktif dan saya berharapsemoga ini menjadi awal yang baik,” ungkapnya dengan penuh harapan.

Sementara itu, tenaga ahli sekretariatpenurunan stunting Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), AndiIrfanji menyampaikan apresiasi atas implementasi pelaksanaan konvergensi yangtelah dilakukan Kabupaten Sinjai. Hal ini adalah bukti komitmen Sinjai dalammenangani stunting.

“Yang menarik di KabupatenSinjai ini adalah Kabupaten Sinjai masuk lokus Tahun 2020, tetapi mereka sudahcuri start untuk bagaimana melakukan kegiatan aksi konvergensi,” ujarIrfanji yang hadir sebagai narasumber Workshop Konvergensi PercepatanPencegahan Stunting.

Workshop koordinasi konvergensipenurunan stunting di Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal30 Oktober – 1 November 2019 dihadiri Oleh instansi terkait, yaitu DinasKesehatan, Bappeda,Dinas PMD, Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, DinasKetahanan Pangan, Dinas pertanian, Dinas pencatatan Sipil, Dinas Infokom, DinasP3AP2KB, Badan Litbang, Kementerian Agama, Camat, Kepala Puskesmas dan PKKKabupaten Sinjai. (Adv)

TerPopuler