Ini yang Dikatakan Kabid SDA PUPR Sinjai Saat Jadi Pembicara di Forum TKPSDA

Ini yang Dikatakan Kabid SDA PUPR Sinjai Saat Jadi Pembicara di Forum TKPSDA

Rabu, 13 November 2019,

BANTAENG, SULAWESINEWS.COM – KepalaBidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang(PUPR) Kabupaten Sinjai, Andi Syarifuddin, menjadi pembicara dalam rapat plenoforum Tim Koordinasi Pengelola Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai Jeneberangyang bertempat di Hotel Kirei Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa(12/11/2019).

Kabid SDA PUPR Kabupaten SinjaiAndi Syarifuddin menjelaskan bahwa TKPSDA Wilayah Sungai Jeneberang adalahforum tertinggi pengelolaan sumber daya air di Sulawesi Selatan yang diangkatoleh Menteri PUPR untuk membantu Menteri PUPR dalam pengelolaan sumber dayaair.

Andi Syarifuddin menyampaikan padaforum tersebut bahwa setiap tahunnya, Kabupaten Sinjai menjadi langgananbanjir, khususnya di perkotaan di Kabupaten Sinjai.

“Banjir di Sinjai disebabkanbeberapa faktor, yaitu pertama Kota Sinjai diapit oleh dua Daerah Aliran Sungai (DAS). DAS Tangka dan DASMangottong dan Bontompare yang membelah kota, kedua geografis kota Sinjai yangberbentuk cekungan yang menjadi tempat genangan air, ketiga daratan Sinjaiberada di bawah permukaan air laut, sehingga pada saat curah hujan tinggi danpasang air laut bertemu maka banjir akan meluap di permukaan,” jelas AndiSyarifuddin.

Selain itu, Andi Syarifuddin jugamenjelaskan bahwa untuk mengurai banjir tersebut. Ia memaparkan langkah-langkahpenanganan berdasarkan hasil kajian pengendalian bencana, bahwa pertama perluada bangunan bendungan di hulu sungai Mangottong, kedua pembangunan kolamdetensi/embung dihulu sungai Bontompare untuk memperlambat laju air dari sungaiBontompare, ketiga normalisasi sungai Bontompare dan beberapa titik drainasedan duekker di perkotaan.

Selain itu juga beberapa langkahyang dilakukan yaitu reboisasi di bagian hulu sungai mitigasi bencana dansirine dititik rawan bencana.

Andi Syarifuddin dalam forumtersebut berharap agar isu-isu dan penanganan banjir yang telah disampaikan inidapat menjadi masukan kepada forum untuk bahan pertimbangan dandirekomendasikan kepada Kementerian PUPR untuk pengendalian banjir di KabupatenSinjai agar menjadi prioritas utama.

Dalam forum tersebut dihadirioleh seluruh pengurus TKPSDA se-Sulawesi Selatan. (Adv)

TerPopuler