LBH Sinjai Bersatu Gelar Sosialisasi Bantuan Hukum, Pemkab Apresiasi

LBH Sinjai Bersatu Gelar Sosialisasi Bantuan Hukum, Pemkab Apresiasi

Kamis, 28 November 2019,

SINJAI,SULAWESINEWS.COM – Kabag Hukum Setdakab Sinjai, Lukman Dahlan, mewakili Bupati Andi Seto membuka acara sosialisasi bantuan hukum bagi masyarakat miskin yang digelar LembagaBantuan Hukum (LBH) Sinjai Bersatu yangbertempat di Aula Kantor Camat Sinjai Timur, Kamis (28/11/2019).

Lukman Dahlan mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena memberikan dukungan bagi program pemerintahKabupaten Sinjai yakni bantuan hukum gratis bagi keluarga miskin.

“Bantuan hukum keluarga miskin ini merupakan salah satu inovasi yangdimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai untukmemastikan bahwa semua warga Kabupaten Sinjai mendapatkan hak dan akseskeadilan, terutama keluarga miskin.

Diketahui bahwa selama ini sebelumnya keluarga miskinkadang-kadang tidak terperhatikan, dikarenakan bahwa, pertama, kurangmendapatkan akses keadilan karena mereka selalu menganggap bahwa berperkara dipengadilan itu biayanya sangat mahal, kedua, tidak punya apa-apa untukmembiayai kasusnya baik ketika terkena kasus perdata dapat gugatan perdatamaupun kasus-kasus pidana di mana hak setiap orang untuk mendapatkan bantuanhukum,” ungkap Lukman.

Lebih lanjut Kabag Hukum mengatakan bahwa Pemerintah Daerahturut menjalankan undang-undang bantuan hukum yang memungkinkan bukan hanyadiselenggarakan oleh Pemerintah Pusat tetapi juga dapat dilaksanakan olehPemerintah Daerah, melalui dukungan dana APBD. Pemerintah bersama DPRD telah menetapkan Peraturan Daerah beberapa tahunyang lalu, dan sudah dilaksanakan di tahun 2018, karena kita sudah memilikikecukupan aturan yang lebih tinggi yang menjadi pedoman bagi pemerintah Daerahuntuk melaksanakannya.

“Bak gayung bersambut, karena Bapak Bupati dan Wakil Bupati Sinjai bersepakatmemiliki visi ingin melihat bahwa tidak ada lagi masyarakat miskin yangmendapat kasus hukum tidak bisa mendapatkan haknya di pengadilan atau diluarpengadilan,” jelas Lukman.

Turut hadir hadir Camat Sinjai Timur, Kepala Seksi Perdatadan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Sinjai, Kapolsek Sinjai Timur, para peserta sosialisasi. (Adv)

TerPopuler