Terima Insentif, IGS Sampaikan Terima Kasih Kepada Bupati Sinjai

Terima Insentif, IGS Sampaikan Terima Kasih Kepada Bupati Sinjai

Sabtu, 09 November 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Pembayaraninsentif bagi guru tidak tetap (GTT) non Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkupPemerintah Kabupaten Sinjai akhirnya terealisasi.

Dana tersebut, dipastikan masukdi rekening masing-masing guru mulai sejak Kamis 7 November 2019.

Kabar baik itu tentunya menjadikebahagiaan tersendiri bagi para guru yang selama ini telah menanti kucuraninsentif dana tersebut.

Seperti yang di rasakan,Herawati,  guru sukarela SD Negeri 28Pakkita, Kecamatan Sinjai Timur. Hera yang mengajar di kelas III itumengungkapkan rasa syukur karena insentif yang dinanti-nantikan selama 6 bulanmulai Januari hingga Juni 2019  telah dibayarkan Pemkab Sinjai melaluiDinas Pendidikan.

“Syukur alhamdulillah akhirnyainsentif kami cair juga. Ini  ibarat hujan di siang hari yang tiba-tibamenjadi penyejuk. Betapa tidak saya dan teman-teman seprofesi yang hanyaberstatus non PNS setidaknya bisa bernafas lega. Sebab dana yang ditunggusekian lama sudah cair. Yang pasti kami senang,” ucap Herawati sembaritersenyum saat ditanya usai mengajar di halaman sekolah SDN No 28 Pakkita,Jumat kemarin (8/11/2019).

Di SDN 28 Pakkita sendiri menurutHerawati, ada sebanyak 5 orang guru di sekolah tersebut yang mendapat insentifdengan total Rp 600 ribu per orang. Mulai triwulan pertama dan kedua. Artinyasetiap guru perbulan bisa mendapatkan insentif sebesar Rp 100 ribu.

“Besar kecil nilai yang kamiperoleh patut diapresiasi. Satu kebijakan yang luar biasa. Mewakili para gurudan kepala sekolah saya mengucap terima kasih kepada Pemkab Sinjai, dalam halini bapak Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa atas apa yang telah diprogramkannya. Mudah-mudahan dana ini bisa bermanfaat bagi saya dankeluarga,” tutur Hera.

Selain Herawati, Ali Mubarak gurusukarela di SDN 107 Kaloling, Kecamatan  Sinjai Timur mengatakan banyakterima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Sinjai atas bukti nyataprogramnya kepada guru sukarela dengan adanya pemberian insentif.

Ungkapan yang sama jugadisampaikan oleh Rahmiaty, yang merupakan guru sukarela di SDN 90 MattumpuKecamatan Sinjai Utara mengatakan bahwa Perhatian Bapak Bupati Sinjai terhadapGuru Sukarela begitu besar, hal tersebut dibuktikan oleh Bupati Sinjai denganmemberikan insentif kepada  seluruh guru sukarela di Sinjai sebagai bentukkepeduliannya dibidang pendidikan.

“Sebagai guru sukarela, sayamengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BapakBupati Sinjai,” ujar Rahmiaty.

Pengurus Ikatan Guru Sukarela(IGS) Sinjai, Abdul Hamid Razak menyampaikan terima kasihnya kepada BupatiSinjai, Kepala Dinas pendidikan beserta jajarannya, dan penasehat IGS yangselama ini memberikan solusi atas berbagai permasahan yang dihadapi IGS.

“Pemberian insentifmerupakan salah satu wujud perhatian pemerintah kepada guru sukarela yang adadi Kabupaten Sinjai. Guru sukarela merupakan pejuang pendidikan yang hampirtidak pernah mendapat perhatian pemerintah, namun  kehadiran Bupati SinjaiAndi Seto Gadhista Asapa yang telah memberikan penghargaan kepada kami gurusukarela  dengan pemberian insentif,” kata Abdul Hamid.

Sementara itu, Sekretaris DinasPendidikan Kabupaten Sinjai, Andi Sompa menyampaikan, insentif bagi guruhonorer dialokasikan setiap bulan. Hanya saja, pencairannya tidak bisadilaksanakan sebulan sekali. Biasanya, dilakukan pertiga bulan atau palinglambat enam bulan sekali karena proses administrasinya memakan waktu lamaterkait data guru yang akan menerima.

“Untuk pembayaran triwulanketiga dan empat nanti direncanakan dalam waktu dekat. Diupayakan minggu keduaDesember mendatang,” katanya.

Ia merincikan, total ada sebanyak1.989 tenaga guru sukarela di Sinjai yang menerima dana insentif. “Darijumlah itu, sebanyak 664 orang merupakan tenaga guru TK, guru SD 1.002 orang.Sementara untuk guru SMP sebanyak 323 orang.

“Para GTT yang mengajar diSinjai mengaku, kalau dana insentif itu memang sudah lama ditunggu-tunggupencairannya,” tambah Muh. Nasrun yang juga pelaksana kegiatan di DinasPendidikan Kabupaten Sinjai.

TerPopuler