Berita

Bupati Sinjai Serahkan Alsintan Kepada Kelompok Tani

SINJAI, SULAWESINEWS.COMBupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, menyerahan bantuan alat dan mesin pertanian secara simbolis kepada kelompok tani yang berlangsung di halaman kantor dinas tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan, Senin (30/12/2019).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Hj. Marwatiah, dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung peningkatan produksi, produktivitas dan kualitas hasil tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan yang merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah terhadap kesejahteraan petani, mendukung pengembangan kawasan kopi di kabupaten Sinjai, mendukung efesiensi dan efektivitas pengelolaan usaha tani serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Adapun jenis dan jumlah alsitan yang akan kami serahkan kepada kelompok tani yang ada di kabupaten sinja, yang bersumber dari APBD kabupaten Sinjai yaitu traktor sebanyak 31 unit, kultivator 10 unit, pompa air 6 unit, mesin perontok padi/portreser 5 unit, mesin pulves 4 unit, LMU 7 unit, penggilingan padi kecil dua unit, pengering kopi satu unit, pengajang tembakau 10 unit, bibit kopi 17.500 pohon.

Baca Juga:  Terkait Sistem Zonasi yang Diberlakukan Kementerian Pendidikan, Ini Kata Bupati Sinjai

Sedangkan yang bersumber dari APBN yaitu pombain harvester besar (alat panen) 6 unit, traktor roda empat 2 unit, pompa air 9 unit, kultivater 4 unit, traktor roda dua 40 unit, koanseler 10 unit, korpreser 10 unit, mesin pemutih beras 2 paket.

“Bantuan alsintan yang saya serahkan pada hari ini adalah bantuan pemerintah baik yang bersumber dari APBD maupun APBN tahun 2019. Penyerahan ini menjadi penting sebagai upaya lebih meningkatkan produksi, produktivitas dan kualitas hasil pertanian terutama komoditi padi, jagung, cabe dan bawang merah, tembaku dan kopi,” ujarnya.

Bantuan alsintan tersebut kata Seto, pihaknya akan tingkatkan dan kembangkan pada masa yang akan datang, sehingga pemerintah daerah tidak akan pernah berhenti berupaya untuk membantu kelompok tani dalam pengadaan peralatan termasuk prasarana pertanian yang masih sangat dibutuhkan.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sinjai Apresiasi Kompetisi Liga Sinjai 2019

“Saya berharap kepercayaan pemerintah pusat dan pihak lainnya yang selam ini diberikan kepada pemerintah daerah Sinjai agar kita jaga bersama melalui pengelolaan alsintan yang baik sehingga kelompok tani lebih berkembang dan bersemangat dalam pengelolaan usaha taninya,” jelasnya.

Seto juga berharap kepada para kelompok tani penerima bantuan, untuk selalu bermusyawarah dengan seluruh anggotanya dalam menetapkan sistem pengelolaannya dan melaporkan kepada aparat baik tingkat desa, kecamatan maupun tingkat kabupaten sekaligus sebagai bahan evaluasi ditingkat kabupaten dalam menyusun kebijakan pembangunan pertanian selanjutnya.

Turut hadir wakil Bupati Sinjai, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD Sinjai, Kapolres Sinjai, Dandim 1424 Sinjai, staf ahli, para Kabag, para mantri tani se-kabupaten Sinjai serta para penyeluruh se-kabupaten Sinjai. (Adv)

IKlan Pemkab Kolut

IKlan DPRD Kolut

iklan dpmd kolut

iklan dpmd kolut

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

COPYRIGHT © 2015 - 2019 - PT SULAWESI MULTIMEDIA GRUP

To Top