Ragam

Pembangunan Masjid Songkok Recca Dikebut, Ini Kata Bupati Bone

BONE, SULAWESINEWS.COM – Selain menara, dalam tradisi Islam khususnya di Indonesia, elemen arsitektur masjid yang kerap kali digunakan adalah kubah. Pasalnya, kubah seakan menjadi ciri khas sebuah masjid.

Tak hanya di kota besar, di kampung halaman Jusuf Kalla (JK) juga dibangun sebuah masjid yang tak begitu besar, namun menjadi perhatian karena dibangun dengan model kubah seperti model Songkok Recca (Songkok khas Bugis Bone).

IKlan Pemkab Kolut

Penggunaan kubah model Songkok Recca di Masjid yang diberi nama ‘Amirul Haq’ itu, tentunya adalah cerminan budaya yang menggambarkan bagaimana nilai-nilai religiusitas masyarakat Bone yang berpadu dengan kearifan lokalnya membangun Bone Beradat.

Masjid Amirul Haq atau yang lebih populer dengan nama Masjid Songko Recca terlihat pembangunannya semakin dipacu.

Baca Juga:  Ini Kata Wabup Sinjai Saat Buka Pekan Panutan Pajak

Masjid yang terletak di Jalan Jend Ahmad Yani, Kelurahan Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu, kini makin indah dipandang mata.

Nampak kubah bermodel Songko Recca itu sudah dibaluri cat warna kuning keemasan. Sementara bangunan dalam juga semakin menampakkan kemajuan.

Adapun sumber anggaran pembangunan Masjid berkubah Songkok Recca atau Songkok To Bone tersebut, murni dari sumbangan masyarakat yang dihimpun.

“Alhamdulillah, pembangunan Masjid Amirul Haq ini terus berjalan. Sekarang bisa kita lihat kemajuan dalam pembangunannya. Ini dibangun atas sumbangan warga, bukan sumbangan atau dana Pemerintah Daerah (Pemda),” ujar Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi kepada awak media, Selasa (7/01/2020).

Baca Juga:  Cegah Corona, Forkopimcam Sibulue Bentuk Posko Terpadu

“Tidak ada satu sen pun dana Pemda yang disumbangkan ke Masjid yang berkubah Songkok Recca tersebut,” sambung Fahsar.

Fahsar pun berharap agar Masjid yang dibangun dengan model kubah seperti model Songkok To Bone (Songkok orang Bone) itu, bisa diselesaikan dengan cepat.

Oleh karena itu, Fahsar menyebutkan, jika ada warga yang ingin berdonasi untuk pembangunan Masjid tersebut, bisa disalurkan melalui rekening BRI 0111-01-013357-53 atas nama Panitia Masjid Amirul Haq Watampone dan Bank Mandiri 170-00010269-9 atas nama Masjid Amirul Haq Kabupaten Bone.

IKlan Pemkab Kolut

IKlan DPRD Kolut

iklan dpmd kolut

iklan dpmd kolut

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Maaf hargai karya orang lain. Kalau mau copy artikel, hubungi admin redaksi