Hari Jadi ke-16 Kolaka Utara, Ini Harapan Gubernur Sultra

Hari Jadi ke-16 Kolaka Utara, Ini Harapan Gubernur Sultra

Selasa, 07 Januari 2020,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM – Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara(Sultra), tepat berusia 16 tahun, Selasa (7/1/2020). Puncak peringatandilaksanakan di Lapangan Aspirasi dengan menggelarupacara. 

Gubernur Sultra HAli Mazi SH bersama istrinya Agista Ariany menghadiri langsungpuncak peringatan hari jadi tersebut, sekaligus bertindak selaku Inspektur Upacara(Irup).

Dalamsambutannya Ali Mazi berharap, kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kolaka Utara tersebut jangan hanya dijadikan sebagaikegiatan serimonial semata dan agenda tahunan. Tetapi kata dia, harusdimaknai sebagai momentum bagi jajaran pemerintahan, legislatif, yudikatif danseluruh komponen masyarakat di Kabupaten Kolaka Utara.

Hal itu dikatakankarena Kabupaten KolakaUtara telah mencapaipembagunan di beberapa bidang mulai bidang ekonomi, sosial hingga politik.

“Kemajuantersebut adalah buah kerjasama yang baik dari semua komponen lapisanmasyarakat. Capaian inimemberikan kontribusi positif demi kemajuan pembagunan di Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

”Penting bagi setiap komponen untuk merawat dan menjaga demimeningkatkan pembangunan daerah Kabupaten Kolaka Utara, sebagai Gubernur Sultrasaya mendukung penuh semua kebijakan pemerintah kabupaten Kolaka utara demimenciptakan masyarakat kolaka Utara yang madani,” jelasAli Mazi.

Selain itu, AliMazi juga menitip dan harapankepada Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara H Nur Rahman Umarbersama wakilnya H Abbas, untuk terus mengelola danmemelihara secara optimal aset berharga yang ada di Kabupaten Kolaka Utara.Agar memberi kemaslahatan yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat.

“Sebagaipembina Sultra,saya akan berupaya memastikan bahwa program pembangunan antar wilayah diSultra harus bersinergi baikantara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, pemeritah Kota se-Sulawesi Tenggara. Untuk menuju Sultra yang aman, tertib, sejahtera danbermartabat melalui strategi pendekatan, rapatakselerasi, pemerataan pembagunan daratan, kepulauan dengan akronim Garbarata,” tutup Ali Mazi.

Sementaraitu, Bupati Kolaka Utara H Nur Rahman Umar dalamsambutannya, mengungkapkan bahwa sungguhsuatu penghormatan bagi pemerintah kabupaten, terlebih masyarakat Kolaka Utara atas kehadiran gubernurprovinsi Sulawesi Tenggara, bersamadirjen keuangan Sultra.

“Semogakehadirannya membawa angin segar di daerah ini yang memang masih membutuhkanperhatian. Perlu kami laporkan kepadabapak gubernur Sultra, bahwa sejaktanggal 21 Januari 2004 ketika Gubernur melantik pejabat Bupati Kolaka Utara yang pertama Dr AsharSangka MM di Kolaka, sejakitu Kolaka Utara mulai berbenah dan melakukan akselerasi pembangunan. Alhamdulillah, sampai dengan usia 16 tahun gubernur berkenang hadir kembali. Tentunyadengan suasana baru dan dalamkapasitas gubernur Sultra untuk periode 2019-2024,” jelas Nur Rahman.

Dalam kesempatan itu, Nur Rahman juga menyampaikan soal perkebunan yang menjadiprioritas programnya melalui revitalisasi tanamankakao. Hingga saat iniprogram tersebut kata dia, sudah mengembirakan. Indikasinya semakin luasnya lahan kakaoyang direvitalisasi serta semakin meningkatnya animo petani untuk terlibat dalam program tersebut.

“Alhamdulillah, upaya kami di sektor tersebut mendapatapresiasi dari pemerintah melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia, dan memberikan penghargaan Kabupaten Kolaka Utara sebagai pusat kakaodan lada, serta pusat layak proyekpengembangan kakao berbasis korporasi,” jelasnya.

Tak hanya itu, NurRahman juga membeberkan beberapa prestasi yang telah diraih selama kepemimpinannya di Bumi Patampanua. (Andi Momang)

TerPopuler