Pembangunan Masjid Songkok Recca Dikebut, Ini Kata Bupati Bone

Pembangunan Masjid Songkok Recca Dikebut, Ini Kata Bupati Bone

Rabu, 08 Januari 2020,

BONE, SULAWESINEWS.COM – Selain menara, dalam tradisi Islam khususnya di Indonesia,elemen arsitektur masjid yang kerap kali digunakan adalah kubah. Pasalnya, kubahseakan menjadi ciri khas sebuah masjid.

Tak hanya di kotabesar, di kampung halaman Jusuf Kalla (JK) juga dibangun sebuah masjid yang takbegitu besar, namun menjadi perhatian karena dibangun dengan model kubahseperti model Songkok Recca (Songkok khas Bugis Bone).

Penggunaan kubahmodel Songkok Recca di Masjid yang diberi nama ‘Amirul Haq’ itu, tentunya adalahcerminan budaya yang menggambarkan bagaimana nilai-nilai religiusitasmasyarakat Bone yang berpadu dengan kearifan lokalnya membangun Bone Beradat.

Masjid Amirul Haqatau yang lebih populer dengan nama Masjid Songko Recca terlihat pembangunannyasemakin dipacu.

Masjid yangterletak di Jalan Jend Ahmad Yani, Kelurahan Jeppe’e Kecamatan Tanete RiattangBarat, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu, kini makin indahdipandang mata.

Nampak kubahbermodel Songko Recca itu sudah dibaluri cat warna kuning keemasan. Sementarabangunan dalam juga semakin menampakkan kemajuan.

Adapun sumberanggaran pembangunan Masjid berkubah Songkok Recca atau Songkok To Bone tersebut,murni dari sumbangan masyarakat yang dihimpun.

“Alhamdulillah,pembangunan Masjid Amirul Haq ini terus berjalan. Sekarang bisa kita lihatkemajuan dalam pembangunannya. Ini dibangun atas sumbangan warga, bukansumbangan atau dana Pemerintah Daerah (Pemda),” ujar Bupati Bone, Andi FahsarMahdin Padjalangi kepada awak media, Selasa (7/01/2020).

“Tidak ada satusen pun dana Pemda yang disumbangkan ke Masjid yang berkubah Songkok Reccatersebut,” sambung Fahsar.

Fahsar punberharap agar Masjid yang dibangun dengan model kubah seperti model Songkok ToBone (Songkok orang Bone) itu, bisa diselesaikan dengan cepat.

Oleh karena itu, Fahsarmenyebutkan, jika ada warga yang ingin berdonasi untuk pembangunan Masjid tersebut,bisa disalurkan melalui rekening BRI 0111-01-013357-53 atas nama Panitia MasjidAmirul Haq Watampone dan Bank Mandiri 170-00010269-9 atas nama Masjid AmirulHaq Kabupaten Bone.

TerPopuler