Bupati Kolut Resmikan Pelayaran Perdana Kapal Feri New Rose

Bupati Kolut Resmikan Pelayaran Perdana Kapal Feri New Rose

Minggu, 23 Februari 2020,

KOLUT, SULAWESINEWS.COMBupati Kolaka Utara H Nur Rahman Umar meresmikan pelayaran perdana Kapal Motor Penyeberangan (KMP) New Rose di Pelabuhan Tobaku, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara, Minggu (23/02/2020).

KMP New Rose adalah kapal feri penyeberangan penumpang type Ro-Ro (Roll on – Roll off) 1.395 GT dengan kapasitas muatan 404 orang penumpang, truk dan mobil kecil sebanyak 30 unit. Namun jika hanya kendaraan kecil bisa menampung 50-60 unit.

KMP New Rose merupakan kapal ketiga yang akan melayani rute penyeberangan Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara dan Pelabuhan Siwa Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan.

Bupati Kolut Nur Rahman Umar didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kolut Djunus mengatakan, akan berupaya mewujudkan sistem transportasi yang nyaman, aman, efisien, efektif dan berkesinambungan.

“Saya selaku Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara terus mendorong penyediaan sarana dan prasarana transportasi. Baik itu transportasi darat, laut, maupun udara.

Di sektor transportasi darat, telah diupayakan pembangunan terminal tipe B yang lokasinya di Pasar Lacaria Lasusua yang diharapkan menjadi simpul-simpul transportasi dalam upaya mewujudkan konektivitas di wilayah kabupaten Kolaka Utara,” jelas Nur Rahman.

Dikatakan untuk transportasi udara, dengan ditetapkannya bandar udara Kolaka Utara sebagai salah satu dari 21 bandara yang masuk dalam rencana strategis nasional,  merupakan harapan mengembirakan bagi pengguna jasa transportasi dengan waktu tempuh yang relatif singkat.

“Di sektor perhubungan laut rencana pembangunan pelabuhan kontainer Lasusua, nantinya diharapkan sebagai pelabuhan peti kemas yang akan menunjang angkutan barang dan produk-produk pertanian yang akan diantar ke luar pulau,” ujarnya.

Dikatakan pula dengan kehadiran KMP New Rose, secara pribadi Nur Rahman merasa gembira karena animo masyarakat untuk memanfaatkan kapal penyeberangan tersebut cukup besar.

“Minat masyarakat yang tinggi ini, harus senantiasa kita jaga bersama dengan memberikan pelayanan prima dan mengutamakan aspek keselamatan,” ucap Nur Rahman.

Dalam kesempatan itu, Nur Rahman juga mengimbau kepada seluruh kru kapal yang bertugas agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik selama perjalanan.

Hadir dalam acara peresmian tersebut Ketua DPRD Kolut, Kapolres Kolut, Ketua Pengadilan Negeri Kolut dan para Kepala OPD lingkup Pemkab Kolut.

Sekadar informasi, KMP New Rose dirakit selama 1,6 tahun di galangan kapal PT. Afta Tehnik Mandiri di Makassar, dan melibatkan 40 pekerja lokal Sulawesi Selatan.

Kapal ini merupakan kapal ke-5 yang dimiliki perusahaan pelayaran PT. Afta Trans Mandiri. (Andi Momang)

TerPopuler