Disdikbud Kolut Gelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

Disdikbud Kolut Gelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

Kamis, 27 Februari 2020,

KOLUT, SULAWESINEWS.COMPemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Dasar (SD), Rabu (26/02/2020).

Kegiatan yang digelar di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut diikuti 90 peserta dari 15 Kecamatan yang ada di daerah itu.

Dengan tema ‘Eksplorasi Budaya Nusantara’, kegiatan tersebut melombakan empat bidang lomba antaranya tari kreasi tradisional, pantomim, puisi dan lagu solo.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (PPD) Dikbud Kolut Ismail mengatakan, pendidikan di Sekolah Dasar yang merupakan pondasi penting dalam pembentukan karakter, rasa empati, simpati, sosial, partisipatif dan kreatif, serta kepedulian terhadap lingkungan lokal maupun global.

“Kesenian sebagai salah satu sarana pembentukan karakter dan bagian dari kebudayaan, merupakan elemen pendidikan yang memiliki peran strategis sebagai media komunikasi dalam mendasari berbagai keragaman budaya,” katanya.

Dikatakan, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2020, sebagai salah satu wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik.

“Dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal, dalam upaya peningkatan mutu  pendidikan. Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu perwujudan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan,” jelas Ismail.

Untuk itu, Ismail berharap dengan semangat FLS2N dapat menumbuhkan kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa, menguatkan karakter, menggugah daya cipta. Membentuk kelembutan hati, demi terciptanya kedamaian dan kerukunan dalam keberagaman.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan lomba yang sebelumnya diadakan di tingkat Kecamatan. Di mana setiap peserta yang  juara satu di Kecamatan kembali dilombakan di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Nantinya yang juara satu di tingkat Kabupaten, sambung Ismail, akan mewakili Kolaka Utara di tingkat Provinsi. (Andi Momang)

TerPopuler