Guru Tak Boleh Gaptek, IGI-Dikbud Dorong Digitalisasi Pendidikan di Kolut

Guru Tak Boleh Gaptek, IGI-Dikbud Dorong Digitalisasi Pendidikan di Kolut

Selasa, 18 Februari 2020,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM Upaya mendorong dunia digitalisasi di sektor pendidikan, Ikatan Guru Indonesia (IGI) bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar workshop ilmu pengetahuan teknologi, Minggu (16/2/2020) lalu, di hotel Utama Kecamatan Lasusua.

Ketua IGI Kolut, Safruddin mengatakan, hal itu dilakukan untuk mendorong kemampuan para tenaga pendidik yang masih gagap teknologi (gaptek).

Ada pun jumlah peserta 50 orang guru plus operator sekolah.

“Hanya sehari, namun akan berlanjut hingga 20 Februari via Sistem Pembelajaran Daring atau SPADA,” ujar Safruddin.

Sebelumnya kata Safruddin, memang ada pembagian android dari pusat untuk sekolah hingga pihaknya masuk pada proses pelatihannya.

“Saat ini dunia pendidikan telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang mewajibkan guru gaptek  dianggap tidak pada zamannya lagi.

Makanya Dikbud mendorong sebelumnya agar guru-guru tamatan SD atau SMA disarjanakan. Mereka akan sendiri tentunya belajar ilmu teknologi (IT),” jelasnya.

Penguasaan android sambung dia nantinya akan memudahkan guru mengubah metode, pemberian materi hingga tugas via online guru-peserta didik yang sebelumnya dikerjakan manual diluar jam sekolah. Guru bisa mengirim tugas dan menerima jawaban melalui email.

“Contoh gadget, banyak yang punya tetapi hanya tahu dipakai menelpon atau facebook. Padahal android itu banyak aplikasi di dalamnya dan sangat membantu baik di sekolah maupun rumah. Belum lagi mengoperasikan komputer,” tutupnya.

Sekadar informasi, workshop tersebut menghadirkan tiga pemateri antara lain duta rumah belajar Sultra 2019, Sitti Novi Ninarman mengulas pemanfaatan portal rumah belajar Kemendikbud, pengurus IGI /Alumni VCT BATCH 5 Sultra 2019, Edi Adrian menyangkut Quizizz for Assesment dan Kepala Dikbud Kolut, Muh Idrus menyangkut kebijakan pemerintah dalam mendukung digitalisasi dunia pendidikan. (Rls/Andi Momang)

TerPopuler