Ini Kata Seto Saat Investor Jepang Berkunjung ke Sinjai

Ini Kata Seto Saat Investor Jepang Berkunjung ke Sinjai

Jumat, 21 Februari 2020,

SINJAI, SULAWESINEWS.COMBupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menerima kunjungan Itakura, seorang investor asing yang berasal dari Jepang, Kamis (20/02) malam, di Rumah Jabatan Bupati Sinjai.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Ir Sulkaf yang turut hadir mendampingi Itakura menyatakan, kedatangan investor Jepang tersebut adalah melihat langsung bagaimana kondisi perikanan yang ada di Kabupaten Sinjai.

“Menurut (Itakura) Sinjai adalah salah satu penghasil ikan laut yang terkenal di Sulawesi Selatan dan menarik minat investor asing yang ingin merintis hubungan kerja sama di sektor teknologi pengolahan ikan, khususnya ikan tuna,” ujar Ir Sulkaf.

Sementara itu, Bupati Sinjai yang didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai menjelaskan mengenai kondisi perikanan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Seto menyebutkan bahwa Sinjai memiliki potensi hasil laut yang sangat melimpah. Hal ini bisa dibuktikan dengan mata pencaharian masyarakat Sinjai yang mayoritas adalah nelayan.

“Sekitar 4000 masyarakat Sinjai memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan memiliki sekitar 2000 kapal pencari ikan. Hasil laut yang diperoleh pun berbagai macam seperti ikan, cumi, kerang laut dan sebagainya.

Kabupaten Sinjai yang didominasi perairan juga memberikan dampak baik bagi pembudidaya rumput laut. Hal yang menjadi kendala dalam pemasaran hasil laut tersebut terletak pada sistem pengolahan dan distribusi,” jelas Seto.

Seto menambahkan bahwa Sinjai sebagai salah satu sentra perikanan ditandai dengan adanya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang terletak di Kelurahan Lappa Sinjai Utara.

TPI tersebut kata dia, dilengkapi dengan pusat kuliner laut yang terkenal hingga dikunjungi banyak wisatawan maupun penikmat kuliner seafood dari dalam maupun luar Kabupaten Sinjai. (Adv)

TerPopuler