Penghargaan SAKIP Award 2019, Pemkab Bone Raih Nilai B

Penghargaan SAKIP Award 2019, Pemkab Bone Raih Nilai B

Selasa, 25 Februari 2020,

BONE, SULAWESINEWS.COMPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone, Sulawesi Selatan, mendapat penilaian dengan predikat B pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) award untuk tahun anggaran 2019.

Penilaian berupa penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, dan disaksikan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/02/2020).

Berdasarkan predikat tersebut, menunjukkan kinerja Pemkab Bone mengalami peningkatan. Pasalnya, tahun sebelumnya hanya memperoleh penilaian dengan predikat CC.

“Alhamdulillah, saat ini akuntabilitas kinerja yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bone sudah baik, dan ke depan harus lebih ditingkatkan. Insya Allah, tahun 2020 ini kita berharap kinerja lebih baik lagi dan berorientasi pada hasil,” ujar Bupati Bone HA Fahsar M Padjalangi.

Selain itu, Fahsar menekankan agar kedepannya harus jelas outcome-nya dan  tidak boleh lagi hanya membuat program yang tidak berorientasi pada hasil.

“Jadi, nanti akuntabilitasnya bagus, kinerjanya bagus dan orientasinya outcome. Ke depan kami akan kejar itu,” ungkapnya.

Fahsar juga menjelaskan, kinerja pemerintahan yang baik setidaknya dicapai melalui perencanaan yang berkualitas, pengarahan yang baik disertai keteladanan. Ketersediaan informasi secara tepat waktu, adanya keterlibatan pemangku kepentingan, sumber daya yang baik, pengendalian yang tepat dan pelaksanaan yang transparan.

“Perencanaan yang dilakukan sejak awal dengan target-target yang jelas dan terukur kemudian dijabarkan dalam program-program yang bisa dievaluasi dan dampaknya terasa bagi masyarakat,” katanya.

Atas keberhasilan meraih penghargaan SAKIP award 2019 dengan predikat B itu, Pemerintah Kabupaten Bone paling tidak akan menerima tambahan Dana Insentif Daerah (DID) untuk tahun anggaran 2021.

Sementara itu, Tjahjo Kumolo menyebutkan Kementerian PAN-RB menargetkan seluruh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota tidak ada yang meraih nilai CC.

“Saya menargetkan tidak ada provinsi, kabupaten, kota yang meraih nilai CC. Saya targetkan tahun 2020 harus minimum B,” ujarnya. (**)

TerPopuler